Jumat, 20 Agu 2021 20:52 WIB

Kapan Usia Kehamilan yang Aman Mendapat Vaksin COVID-19? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Silhouette of pregnant woman Foto: iStock
Jakarta -

Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan izin bagi ibu hamil (bumil) untuk bisa mengikuti program vaksinasi COVID-19. Namun, sebagian bumil mungkin penasaran kapan waktu yang tepat mendapat vaksin Corona.

Menanggapi hal tersebut, ahli penyakit dalam sekaligus influencer kesehatan dr Andi Khomeini Takdir mengatakan sebaiknya bumil mendapat vaksin di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga. Alasannya agar aman dan antibodi juga bisa bertahan lebih lama usai melahirkan.

"Jadi agak lebih ke trimester kedua atau ketiga itu akan lebih aman dan bermanfaat," kata pria yang akrab disapa dr Koko ini dalam program e-Life detikcom, Jumat (20/8/2021).

Hal ini sejalan dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Bumil memang disarankan divaksinasi COVID-19 pada 13-33 minggu usia kehamilan.

Selain itu, bumil juga harus mendapat surat rekomendasi dari dokter sebelum vaksinasi. dr Koko mengatakan biasanya perlu keterangan dari dokter kandungan dan penyakit dalam.

"Kita akan memantau lebih ketat karena kondisi ibu hamil ada jabang bayi di dalamnya... Perlu rekomendasi dua dokter sekaligus, rekomendasi dari dokter kandungan dan dokter penyakit dalam," ungkap dr Koko.

Sampai saat ini baru tiga jenis vaksin COVID-19 yang mendapat izin diberikan untuk ibu hamil. Vaksin tersebut adalah dari Sinovac, Moderna, dan Pfizer.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)