Senin, 23 Agu 2021 22:27 WIB

Ragam Cerita Kaum Muda yang Kena COVID-19 Juga Meski Merasa Kuat dan Bugar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Virus Corona bisa menginfeksi siapa saja, baik usia muda, lansia, pria, maupun wanita. Untuk mencegahnya, para pakar kesehatan terus mengingatkan untuk melakukan protokol kesehatan dengan baik, seperti memakai masker hingga menjaga jarak sosial.

Untuk bisa terhindar dari virus Corona, tidak cukup dengan hanya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan olahraga atau makan sehat. Cara lainnya adalah dengan segera melakukan vaksinasi.

Seorang dokter bernama Dr Emeka Okorocha mengatakan banyak orang-orang dewasa muda yang sehat harus masuk ke rumah sakit karena COVID-19. Kebanyakan dari mereka memang belum divaksinasi.

"Selain usia, banyak dari mereka memiliki satu kesamaan yaitu belum divaksinasi. Vaksin benar-benar menjadi jalan keluar dari pandemi ini dan merupakan cara terbaik untuk melindungi semua orang dari virus," jelas Dr Okorocha yang dikutip dari Mirror UK, Senin (23/8/2021).

Berikut beberapa kasus pasien yang merasa muda dan sehat, tetapi harus mengalami kejadian yang buruk usai terinfeksi COVID-19.

1. Quincy Dwamena

Seorang pegawai bernama Quincy Dwamena (31) harus menghabiskan waktunya selama 2 minggu di rumah sakit, usai terinfeksi COVID-19. Ia pun mengaku belum mendapatkan vaksin Corona, karena merasa masih muda dan sehat untuk menghadapi virus tersebut.

"Saya sehat dan masih muda. Saya menunda divaksinasi karena saya pikir gaya hidup saya sudah cukup mencegah infeksi virus Corona, atau hanya berdampak kecil jika terinfeksi," kata Dwamena.

"Tetapi, saya akhirnya dirawat di rumah sakit dan berpikir saya akan mati. Saya menyarankan agar segera mendapatkan vaksinasi, jangan membuat orang lain dan diri sendiri dalam risiko yang lebih besar. Saya harap bisa segera mendapatkannya (vaksinasi)," imbuhnya.

2. Megan Higgins

Wanita bernama Megan Higgins (25) asal London juga merasakan efek yang luar biasa setelah terinfeksi virus Corona sejak akhir tahun 2020 lalu. Bahkan guru muda itu masih mengalami Long Covid yang membuatnya mudah lelah sampai saat ini.

"Sekarang sudah delapan bulan sejak saya dites positif (COVID-19), dan saya bahkan tidak bisa berjalan di sekitar toko tanpa merasa lelah," ujar Higgins.

"Long Covid ini membuat saya lemah, jadi tolong segeralah vaksinasi. Saya tidak ingin orang lain mengalami apa yang saya alami," pungkasnya.

3. Ella Harwood

Pengalaman lainnya juga dialami seorang ilustrator bernama Ella Harwood (23). Setelah terinfeksi COVID-19, ia harus berada di tempat tidur selama 7 bulan lamanya.

"Sebelum saya tertular virus, saya sangat aktif dan tidak memiliki masalah kesehatan. Tapi, saya sekarang menderita asma yang tidak pernah saya derita sebelumnya dan sejumlah alergi," ujar Harwood.

"Saya takut, tetapi saya sangat bersyukur bahwa saya masih hidup. Segeralah divaksinasi jika kamu belum mendapatkannya," lanjutnya.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)