Kamis, 26 Agu 2021 12:15 WIB

Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PedulLindungi Harus Apa? Ini Solusinya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Vaksinator menyuntikan vaksin Pfizer kepada warga di kawasan Gedung Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/8). Pada hari ini vaksin Pfizer diberikan secara serentak di Jakarta. Solusi jika sertifikat vaksin COVID-19 tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Menuju hidup berdampingan dengan COVID-19, kini sertifikat vaksin dibutuhkan sebagai akses ke sejumlah tempat. Salah satunya yang sudah menerapkan adalah pusat perbelanjaan seperti mal.

Sertifikat vaksin in dapat dicek dan diunduh melalui aplikasi PeduliLindungi. Menurut juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan RI, umumnya seseorang akan mendapatkan sertifikat vaksin dalam waktu 7-10 hari setelah vaksinasi COVID-19.

Akan tetapi, sebagian masyarakat masih ada yang belum mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 meski sudah divaksinasi. Kendalanya adalah sertifikat tersebut tidak muncul di situs maupun aplikasi PeduliLindungi.

Umumnya, penyebab sertifikat vaksin tidak muncul yakni masyarakat salah menginput data diri, seperti nomor telepon atau tanggal lahir. Apabila kamu mengalami hal tersebut, solusinya adalah dengan membuat laporan ke email sertifikat@pedulilindungi.id.

Namun, jika masalahnya adalah tidak ada keterangan tanggal vaksinasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan kendala ini baru bisa diatasi untuk warga DKI Jakarta saja.

Caranya dengan melakukan aduan ke fasilitas kesehatan terdekat dengan menginput ulang data peserta ke sistem PCare melalui fasilitas kesehatan di Jakarta atau Dinas Kesehatan. Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan data yang dibutuhkan melalui email dki@jakarta.go.id dengan subjek 'SertifikatVaksin_Nama Lengkap' (hanya untuk satu identitas dalam satu email).

Cara mengatasi sertifikat vaksin COVID-19 tidak muncul di PeduliLindungi

Kemenkes RI melalui akun resmi Instagramnya menjelaskan apabila masyarakat mengalami kendala penerbitan sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi, kamu bisa membuat laporannya ke email sertifikat@pedulilindungi.id.

Berikut format emailnya.

  • Nama Lengkap
  • NIK KTP
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Nomor handphone
  • Foto dan kartu vaksin.

"Supaya bisa langsung diproses, user bisa langsung menyampaikan biodata lengkap, swafoto dengan memegang KTP, dan menjelaskan keluhannya," jelas Kemenkes RI.

Agar masalah sertifikat vaksin Corona yang tidak muncul dapat langsung diproses, masyarakat sebaiknya menyampaikan data secara lengkap serta menjelaskan keluhan secara detail. Mudah bukan?



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)