Sabtu, 28 Agu 2021 07:00 WIB

Buang Air Kecil Usai Bercinta Bisa Cegah Kehamilan, Benarkah?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Buang air kecil seusai bercinta (Foto: istock)
Jakarta -

Ada banyak anjuran untuk buang air kecil sehabis sesi bercinta. Selain bisa mencegah risiko infeksi saluran kemih, kebiasaan ini diklaim bisa mencegah kehamilan. Benar nggak sih?

Dikutip dari Medical News Today, buang air kecil setelah bercinta bisa membantu mengeluarkan bakteri dari uretra. Karenanya, kebiasaan ini bisa mengurangi risiko infeksi menular seksual (IMS).

Dibanding pria, wanita 30 kali lebih berisiko mengalami IMS. Salah satu alasannya, uretra atau saluran kemih wanita berada lebih dekat dengan anus, sarang bakteri, dibanding pada pria.

Alasan lain, uretra pada wanita lebih pendek dibanding para pria. Artinya, bakteri maupun patogen lain lebih mudah mencapai kandung kemih, dibanding pada pria.

Meski demikian, efektivitas buang air kecil sehabis bercinta dalam mencegah infeksi masih banyak diperdebatkan. Butuh riset lebih mendalam untuk mendukung klaim tersebut.

Bagaimana dengan klaim buang air kecil bisa mencegah kehamilan?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "FWB dan Bahaya Infeksi Menular Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)