Selasa, 31 Agu 2021 06:55 WIB

Pro Kontra Dimulainya Sekolah Tatap Muka, Khawatir Nggak?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Boyolali mendapatkan vaksinasi Corona atau COVID-19, Jumat (23/7/2021). Khususnya yang sudah berumur 12 tahun keatas. Ada 819 siswa yang divaksin. Sekolah tatap muka. (Foto: Ragil Ajiyanto)
Jakarta -

Pembelajaran langsung atau sekolah tatap muka di sejumlah wilayah dimulai lagi, termasuk DKI Jakarta yang memulainya hari ini Senin (30/8/2021). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makariem menilai sekolah daring terlalu lama, berisiko pada penurunan capaian belajar hingga putus sekolah.

"Di berbagai macam daerah banyak learning loss yang dampaknya permanen," tegas Nadiem beberapa waktu lalu.

Sementara pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menyebut pelaksanaan sekolah tatap muka perlu dievaluasi secara berkala. Minimal dalam dua minggu.

Menurut dia, staf dan guru di sekolah wajib divaksinasi sebelum memulai sekolah tatap muka. Kemudian, perlu adanya pelaksanaan skrining setiap hari demi memastikan kondisi setiap pengajar.

"Sekaligus nanti memperhatikan misalnya setelah evaluasi dengan pakar kesehatan, perhubungan, perwakilan guru dan orang tua juga aspek kepakaran lain," tutur Dicky kepada detikcom Senin (30/8/2021).

"Apakah sudah aman dan terbukti efektif serta siswa juga mulai siap dengan protokol kesehatannya secara baik," sambung dia.

Fakta lain, tren kasus COVID-19 pada anak masih tinggi. Bahkan, angka kematian usia anak meningkat saat proporsi peningkatan di usia dewasa semakin turun pasca puncak kasus COVID-19.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengungkap banyak orang tua tidak menyadari gejala COVID-19 pada anak. Dalam banyak kasus, kerap dianggap seperti flu biasa.

Padahal, saat anak mogok makan dan demam tinggi, Dante mewajibkan orang tua untuk segera membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Ini disebabkan karena keterlambatan orang tua untuk membawa anak itu ke tempat pengobatan yang baik," ungkap Wamenkes dalam konferensi pers KPAI, Senin (30/8/2021).

detikers bagaimana, sudah merasa aman untuk mengizinkan anak sekolah tatap muka? Atau masih 'ngeri-ngeri sedap'? Share pendapatnya di kolom komentar ya!



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)