Senin, 30 Agu 2021 22:30 WIB

Obat Herbal untuk Asam Lambung, Ternyata Bahan-bahan Lezat Bisa Dicoba!

Vidya Pinandhita - detikHealth
sakit perut Obat herbal untuk asam lambung (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Asam lambung tak bisa disepelekan. Selain rasa nyeri dan tak nyaman saat beraktivitas, penyakit ini bisa merembet pada masalah kerongkongan. Lantas, adakah obat herbal untuk asam lambung yang ampuh dan nyaman dikonsumsi?

Dikutip dari Healthline, asam lambung atau Gastroesophageal reflux (GERD) adalah pergerakan asam lambung ke bagian atas hingga kerongkongan. Penderita GERD biasa mengalami sensasi terbakar di area dada bagian tengah, bawah, atau belakang.

Jika terus-menerus didiamkan, GERD bisa menimbulkan komplikasi seperti radang tenggorokan, email gigi terkikis, perubahan pada lapisan kerongkongan, hingga kanker kerongkongan.

Umumnya, dokter akan meresepkan antasida untuk mengurangi produksi asam lambung. Namun jika ingin mencoba obat herbal untuk asam lambung, berikut beberapa bahan alami yang bisa dicoba:

1. Jahe

Akar jahe diyakini efektif mengatasi penyakit gastrointestinal seperti mual dan mulas. Maka itu, permen jahe kerap direkomendasikan sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi morning sickness atau mual pada ibu hamil.

"Jahe adalah anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi peradangan kerongkongan yang berhubungan dengan GERD," kata ahli diet Kelly Kennedy dikutip dari Insider, Senin (30/8/2021).

Jika tak nyaman mengkonsumsi jahe mentah, cobalah olah jahe dengan cara masukkan satu sendok makan jahe parut ke dalam smoothie atau campurkan dengan teh hangat.

2. Teh herbal

Asam lambung bisa dipicu oleh beberapa jenis minuman seperti kopi dan alkohol. Dikutip dari Medical News Today, pada orang yang terbiasa 'ngopi', jenis-jenis minuman ini bisa digantikan dengan teh herbal tanpa kandungan kafein.

Selain itu, teh herbal juga diyakini bisa memperbaiki pencernaan dan meredakan pusing atau mual. Sebagai variasi, teh herbal bisa berbahan dan beraroma kamomil, licorice, teh hijau, adas, dan buah-buahan.

Namun pada pengidap asam lambung, usahakan untuk tidak memilih jenis teh mint lantaran dikhawatirkan bisa memicu refluks asam.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Progres 15 Penelitian Obat Herbal Sebagai Tambahan Terapi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]