Selasa, 31 Agu 2021 06:34 WIB

Seperti Apa Sih Efek Samping Vaksin Pfizer? Wanita Ini Bagikan Pengalamannya

Syifa Aulia - detikHealth
Vaksinasi Pfizer di Bekasi sudah dibuka di beberapa tempat. Vaksin itu pun dibuka untuk anak usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil. Pengalaman dapat vaksin Pfizer (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Seorang wanita bernama Dina Amalina (26) membagikan pengalamannya setelah menerima vaksin merek Pfizer. Ini merupakan vaksinasi pertamanya yang berlangsung pada Jumat (27/8/2021) di Puskesmas Kecamatan Teluk Pucung, Bekasi Utara.

Saat dihubungi detikcom, Senin (30/8), Dina mengaku tidak merasakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berat. Pada malam pertama setelah vaksinasi, Dina merasakan pegal dan ngilu di bagian tangan kiri. Selain itu, rasa linu juga ia rasakan di sekujur tubuhnya.

"Jadi hari ke-1 tangan pegal dan ngilu. Hari ke-2 tangan masih pegal, bangun tidur linu-linu. Tapi menurut aku nggak parah sih," ungkap Dina, warga Bekasi.

Ia mengatakan KIPI yang dirasakannya tidak menghambat dirinya melakukan aktivitas sehari-hari. Selama itu, ia juga tidak merasakan gejala demam, pusing, dan mual seperti KIPI vaksin Moderna. KIPI yang ia rasakan juga hanya berlangsung selama dua hari.

"Gak ada efek berarti kayak yang sering aku dengar dengan vaksin merek lain. Tapi mungkin ini vaksin dosis pertama ya, mungkin aja dosis kedua bisa beda lagi efeknya," tuturnya.

Berbeda dengan tetangganya yang mengalami efek samping kantuk, ia mengatakan tidak merasakan hal itu.

"Aku sendiri nggak ngalamin itu. Hanya capek karena antre panjang aja," jelasnya.

Meskipun memiliki riwayat asma, ia diperbolehkan menerima vaksin oleh dokter yang bertugas melakukan screening pra-vaksinasi di puskesmas.

"Aku diizinkan sama dokter di lapangan karena sedang dalam keadaan sehat," tutur Dina. Ia mengaku penyakit penyertanya pun tidak memengaruhi KIPI yang dirasakan.

Ketika ditanya alasan baru melakukan vaksinasi, Dina mengatakan bahwa dirinya tidak sengaja menunda hanya untuk menunggu vaksin Pfizer datang.

"Enggak sama sekali (nunggu vaksin Pfizer). Emang kebetulan dapetnya ini," katanya.

Ia mengaku baru memiliki waktu luang karena sibuk mengurus orang tua dan terhalang administrasi.

"Beberapa vaksin juga butuh administrasi yang ribet kayak surat domisili dan lain-lain. Sekarang aku baru pindah ke Bekasi, dan ini pas waktunya karena boleh gak pake surat domisili. Jadi aku buru-buru aja biar gak ketunda lagi," jelas Dina.



Simak Video "RI Kembali Terima Pasokan Vaksin Pfizer, Jumlahnya Hampir 1,2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)