Selasa, 31 Agu 2021 17:50 WIB

RI Akan Masuk Fase Endemi COVID-19, Bedanya Bakal Seperti Apa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah kendaraan ambulans dan bus sekolah yang membawa pasien COVID-19 antre untuk masuk kawasan Rumah Sakit Darurat  COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (10/6). Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Juru bicara penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan ada kemungkinan virus Corona akan hidup cukup lama bersama masyarakat dan menjadi endemi. Disebutkan bahwa penanganan kasus COVID-19 di Indonesia berperan penting dalam usaha mengubah pandemi Corona menjadi endemi.

"Kita berharap pandemi ini bisa mengecil skalanya sehingga berubah menjadi endemi," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021).

Endemi adalah kondisi penyebaran virus terbatas pada daerah tertentu dalam jumlah dan frekuensi yang rendah, sehingga mereka yang tertular akan mendapatkan penanganan yang maksimal. Hanya saja meski statusnya berubah menjadi endemi, tidak berarti penyakitnya akan hilang.

Wiku mengatakan strategi mengubah pandemi menjadi endemi yakni pemerintah akan fokus pada pencegahan COVID-19 dengan peningkatan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan, akselerasi vaksinasi dalam skala besar, dan peningkatan upaya 3T (testing, tracing, treatment).

"Yang harus digarisbawahi adalah ketiga strategi tersebut harus dijalankan bersama dan perlu partisipasi aktif dari seluruh masyarakat," pungkasnya.



Simak Video "Dirjen WHO: Pandemi Masih Jauh dari Selesai"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)