Kamis, 02 Sep 2021 08:30 WIB

Kak Seto Trending Gegara Push Up, Pernah Juga Dirumorkan Kanker Prostat

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kak Seto Sakit Kanker Prostat Foto: Instagram
Jakarta -

Psikolog yang juga sosok ramah anak, Kak Seto alias Setyo Mulyadi, kembali jadi perbincangan hangat warganet. Sebab di hari jadinya ke-70 pada 28 Agustus 2021, ia mengunggah video joget bersama keluarga. Lebih lagi dalam video lainnya, ia unjuk gigi masih sanggup push up sampai parkour. Padahal beberapa waktu lalu, Kak Seto sempat dikabarkan terkena kanker prostat.

Kepada detikcom Kak Seto sempat menjelaskan, rupanya penyakit yang dialaminya bukan kanker prostat. Memang ada pembengkakan, namun pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa tak ada kanker di tubuhnya.

"Waktu menjalani operasi, keluarga sudah bingung ini kemungkinan kanker dan sebagainya. Tapi setelah biopsi dan pemeriksaan di lab, ternyata hasilnya negatif. Ya sudah bersyukur," ujarnya saat dihubungi detikcom Mei lalu.

"Memang yang terjadi adalah pembelajaran kelenjar prostat itu sehingga mengganggu saluran kemih. Kemudian terjadi buang air kecil sulit atau sering, tapi sedikit-sedikit pengeluarannya," lanjut Kak Seto.

Ia memahami, penyakit prostat yang sempat dialaminya adalah penyakit yang amat banyak dialami oleh usia lanjut. Mengingat dalam obrolan Mei lalu, Kak Seto tengah menghitung waktu menuju usia 70 tahun.

Awalnya, gejala yang dialaminya berupa peningkatan frekuensi buang air kecil. Ia mengaku sempat terganggu lantaran harus bolak-balik ke kamar kecil sepanjang malam, sampai-sampai istirahatnya terganggu.

"Usia begini saya kan tahun ini 70 tahun, jadi memang bagian dari gangguan pada orang dewasa yang sudah lansia, salah satunya adalah gangguan pembesaran kelenjar prostat," kata Kak Seto.

Apa rahasianya?

Menurutnya, kunci di balik kondisi sehatnya hingga usia emas kini adalah 'G-E-M-B-I-R-A'. G adalah gerak alias anti-mager. E adalah emosi cerdas.

" Kelola emosi dengan cerdas, nggak boleh marah meledak, sedih, dan takut yang berlebihan. Jadi tetap ungkapkan selalu gembira," kata Kak Seto.

M adalah makan sehat. B adalah berdoa, beribadah, dan bersyukur. I adalah istirahat cukup.

"R adalah rukun. Ibaratnya, kemesraan ini janganlah cepat berlalu terus dengan istri, anak, staf rumah tangga. Kita kompak, suasana serba damai dan nyaman," lanjutnya

Terakhir, A adalah aktif berkarya. Menurut Kak Seto, produktivitas adalah penyeimbang dalam gaya hidup sehat yang dijalaninya. Misalnya, dengan tetap aktif mengajar, menulis, menciptakan lagu, hingga mengunjungi wilayah yang terkena bencana.



Simak Video "Atasi Kebosanan Anak di Rumah dengan Komunikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)