Jumat, 03 Sep 2021 07:25 WIB

Bumil Wajib Tahu! Ini 7 Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat

Syifa Aulia - detikHealth
Ilustrasi latihan pernapasan saat hamil Tanda-tanda melahirkan sudah dekat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Viktoriia Hnatiuk)
Jakarta -

Melahirkan menjadi momen yang paling mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu oleh ibu hamil dan keluarganya. Para dokter biasanya telah memprediksi kapan ibu hamil segera melahirkan berdasarkan usia kehamilan.

Normalnya, waktu melahirkan terjadi di usia kehamilan aterm, yaitu usia 38-42 minggu. Sedangkan, pada usia di bawah 38 minggu dapat dikategorikan sebagai kelahiran prematur. Sebab, organ bayi belum tumbuh sempurna. Pada kelahiran prematur biasanya dapat dilakukan atau dipercepat dengan induksi.

Bagi ibu hamil yang telah melewati usia kehamilan 37 minggu harus segera menyiapkan persalinan, baik secara fisik maupun mental. Dalam hal ini, ada beberapa tanda yang dapat dikenali jika sudah mendekati persalinan.

Berikut tanda-tandanya.

1. Kontraksi

Ketika kontraksi sering terjadi dan sangat kuat, ini dapat menandakan bahwa kondisi bayi siap dilahirkan. Mulanya, kontraksi terjadi lebih dari satu kali selama 20 menit. Lalu, berlanjut sebanyak tiga kali dalam 10 menit. Gejala yang dirasakan berupa perut terasa kencang dan mulas.

Kondisi ini mulai terjadi saat memasuki usia kehamilan 38 minggu. Sebagian ibu hamil juga ada yang merasakan hal ini di usia kehamilan 36 minggu.

2. Keluar darah lendir

Bloody show atau darah lendir akan keluar setelah merasakan kontraksi. Kondisi ini adalah hal yang normal karena kontraksi menyebabkan serviks mulai terbuka.

3. Ketuban pecah

Setelah itu, ketuban akan pecah dan biasanya kepala bayi telah berada di atas panggul. Kondisi ini terjadi akibat kepala bayi terdesak dan terdorong ke bawah. Namun, ada juga yang tidak merasakan ketuban pecah.

Perlu diketahui bahwa ketuban dapat pecah sebelum waktunya. Biasanya terjadi saat pembukaan kurang dari 3-4 cm pada ukuran panggul yang normal. Jika hal ini terjadi, dokter akan melakukan proses induksi.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)