Sabtu, 04 Sep 2021 16:16 WIB

Tatap Muka Bebas Corona

Dokter Bagikan Tips Agar Anak Aman dari COVID-19 Saat Sekolah Tatap Muka

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Sekolah tatap muka untuk tingkat SMP di Kota Bekasi dimulai hari ini. Sekolah tatap muka itu dengan protokol kesehatan ketat. Foto ilustrasi: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah mulai dilakukan uji coba ketat, seperti di daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan daerah lain dengan wilayah PPKM level 1-3. Anak-anak yang akan melakukan PTM harus menerapkan protokol kesehatan ketat dan dijaga kesehatannya.

dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), menyebut imunitas terbaik adalah imunitas alami. Imunitas alami bisa didapatkan dari tubuh yang sehat. Saat seseorang dalam kondisi sehat, tubuh akan memproduksi sel-sel imun yang baik.

Cara membuat tubuh menjadi sehat adalah memastikan nutrisi yang didapatkan harus cukup dan seimbang. Selain itu, anak juga harus mendapat tidur yang cukup.

"Anak SD butuh waktu tidur paling tidak 10 jam sehari. Anak remaja butuh waktu tidur 8 jam," ujarnya.

Lebih lanjut, dr Ariani menjelaskan nutrisi cukup dan seimbang adalah makan dengan kualitas dan kuantitas yang cukup.

"Kuantitas artinya jumlahnya, makan tiga kali sehari, boleh ditambah dua kali snack, boleh dilengkapi dengan susu misalnya. Kalau kualitas artinya makanan harus mengandung zat-zat makronutrien dan mikronutrien," paparnya dalam tayangan e-life, Jumat, (3/9/2021).

Makronutrien merupakan karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Di antara zat-zat itu, protein memegang peranan yang sangat penting dalam sel-sel imunitas. Jadi, pastikan makanan anak mengandung cukup protein, baik protein hewani maupun nabati.

Beberapa makanan yang mengandung protein di antaranya:

  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Ikan
  • Telur
  • Tahu
  • Tempe.

Sedangkan vitamin dan mineral bisa didapatkan dari konsumsi sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang cukup.

"Bila perlu boleh ditambah suplemen tapi tidak wajib. Paling penting makanan atau bahan alaminya mengandung semua zat-zat tersebut," tutupnya.



Simak Video "Tempat Rawan Penularan Virus di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)