Senin, 06 Sep 2021 06:14 WIB

Tatap Muka Bebas Corona

Sekolah Tatap Muka Mulai Dibuka, Ini 'Alat Perang' yang Wajib Dibawa Anak

Syifa Aulia - detikHealth
Sebanyak 610 sekolah di Jakarta memulai sekolah tatap muka, salah satunya SDN 09 Pondok Kelapa. Para siswa pun menyambutnya dengan antusias. Ilustrasi sekolah tatap muka (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai memberlakukan sekolah tatap muka. Keputusan ini dibuat dengan mempertimbangkan faktor tertentu dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Adapun daerah yang boleh melakukan pembelajaran sekolah tatap muka (PTM), yaitu daerah dengan PPKM level 1-3. Sedangkan, bagi daerah yang masih di level 4 tetap melakukan pembelajaran daring.

Merespons hal ini, dokter spesialis anak, dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), mengatakan bahwa orang tua harus membekali anaknya dengan peralatan tambahan. Tujuannya untuk mengurangi risiko penularan virus Corona selama PTM.

Berikut daftar yang perlu dibawa:

1. Masker cadangan

Menurut dr Ariani, anak-anak harus dibekali masker cadangan lebih dari satu. Tujuannya untuk menghindari kejadian-kejadian yang tak terduga.

"Kalo maskernya basah atau jatuh, mereka bisa dengan mudah mengganti. Termasuk juga jika temannya mengalami kesulitan dengan masker mereka, anak masih punya cadangan untuk memberikan ke temannya," kata dr Ariani dalam program e-Life detikcom, Jumat (3/9/2021).

2. Hand sanitizer

Selain masker cadangan, hand sanitizer dan alat pembersih lainnya seperti tisu basah juga perlu disiapkan. Ini untuk menghindari anak-anak memakai barang orang lain.

3. Kantong

Kantong diperlukan untuk menyimpan masker yang sudah tidak terpakai. Hal ini merupakan langkah cadangan jika tidak menemukan tempat sampah di sekitar.

"Contohnya, mereka sedang dalam perjalanan dari sekolah ke rumah. Supaya masker tidak dibuang sembarangan, mereka bisa membuangnya di dalam kantong tersebut," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tempat Rawan Penularan Virus di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]