Senin, 06 Sep 2021 08:17 WIB

Dear Siswa, Ini Tips Dokter Agar Terhindar dari COVID-19 di Toilet Sekolah

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
In an public building are womans toilets whit black doors Toilet juga bisa menjadi tempat penularan Corona. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sejumlah sekolah di wilayah dengan status PPKM level 1-3 telah diberi izin untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Tentunya, PTM terbatas ini bisa digelar sesuai dengan syarat dan aturan yang ketat.

Di sekolah, anak bisa bertemu dengan teman-teman dan melakukan aktivitas bersama. Namun, yang jadi perhatian adalah bagaimana jika anak menggunakan toilet yang ada di sekolah.

dr Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) menyebut jika memang pernah ada penularan COVID-19 saat menggunakan toilet secara bersama.

"Kalau kita ingat ada suatu video di Tiongkok bahwa penularan terjadi melalui toilet yang pertama digunakan oleh seseorang yang terinfeksi, kemudian berganti digunakan oleh orang lain yang tadinya tidak terinfeksi jadi terinfeksi," ujar dr Ariani saat berbincang dengan e-Life detikcom, Jumat, (3/9/2021).

Ia mewanti-wanti para orang tua untuk memberikan pemahaman pada anak jika mereka tidak boleh melepas masker saat sedang ke toilet.

"Ketika anak menggunakan toilet mereka tetap harus mengenakan masker supaya tidak terjadi penularan di ruangan yang ditinggalkan oleh seseorang yang diduga terinfeksi," lanjutnya.

Selain orang tua, penggunaan toilet juga harus menjadi perhatian pihak sekolah. Pihak sekolah dapat membantu untuk memastikan tidak ada antrean atau kerumunan anak saat sedang menggunakan toilet.

"Sekolah juga perlu mengatur supaya tidak ada antrean saat menggunakan toilet. Mungkin bergiliran, sebagian ke toilet sebagian lainnya menunggu di kelas," papar dr Ariani.

Tetap menggunakan masker saat di toilet umum bukan hanya dilakukan di sekolah. Di tempat umum lain pun hal ini harus menjadi perhatian bersama.

"Penggunaan toilet secara bersama menjadi aspek penting yang tidak boleh luput dari perhatian. Tetap harus mengenakan masker supaya tidak terjadi penularan," pungkasnya.



Simak Video "Sebut Covid-19 Penyakit Perilaku, Satgas: Kelakuan Jelek, Kasus Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)