Senin, 06 Sep 2021 09:20 WIB

Pengunjung Holywings Kemang Berkerumun-Tak Bermasker, Catat Risikonya!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kerumunan di Holywings Kemang dibubarkan polisi Kerumunan di Holywings Kemang. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kafe Holywings di Kemang, Jakarta Selatan, diberi sanksi penutupan 3 hari usai kedapatan beroperasi hingga dini hari dan menimbulkan kerumunan di masa PPKM level 3 Jakarta.

"Tempat Usaha Holywings Kemang, dikenakan sanksi Penutupan Sementara 3x24 jam oleh Petugas Satpol PP DKI Jakarta Minggu (5/9) setelah ditemukan terjadi pelanggaran ketentuan PPKM level 3 pada Sabtu Malam (4/9)," demikian keterangan dari Instagram resmi Satpol PP DKI Jakarta seperti dilihat detikcom, Senin (6/9/2021).

Sebelumnya video kerumunan di Holywings Kemang sempat viral di media sosial. Tampak pengunjung berkerumun yang tidak mengenakan masker.

Meski Pemprov DKI Jakarta mulai mengizinkan tempat makan seperti restoran dan kafe beroperasi, namun ada persyaratan khusus salah satunya pengunjung harus tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Kafe, restoran, dan bar merupakan salah satu lokasi dengan tingkat penularan Corona yang cukup tinggo. Risiko penyebaran Corona meningkat terlebih jika ada interaksi yang berlangsung di jarak kurang dari 2 meter tanpa memakai masker.

Dikutip dari laman CDC, banyak orang dengan COVID-19 yang tidak bergejala dan jika mereka batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, atau bernapas, mereka menghasilkan droplet yang menjadi medium penularan Corona.

CDC juga mengeluarkan pedoman tentang tingkatan risiko aktivitas di tempat makan, adapun pedoman tersebut antara lain.

Risiko Terendah: Layanan makanan terbatas pada drive-through, pengiriman, pengantaran dan penjemputan di tepi jalan.

Lebih Banyak Risiko: Makan di tempat terbatas dengan tempat duduk di luar ruangan. Kapasitas duduk dikurangi dan ditempatkan dengan jarak setidaknya 1,8 meter.

Risiko yang lebih besar: Makan di tempat (dine in) dengan tempat duduk dalam dan luar ruangan, dengan kapasitas duduk dikurangi dan jarak setidaknya 1,8 meter.

Risiko Tertinggi: Makan di tempat dengan tempat duduk di dalam dan luar ruangan yang tidak mengurangi kapasitas tempat duduk dan tidak menjaga jarak.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)