Jumat, 12 Nov 2021 08:37 WIB

dr Tirta Ikut Sentil Bidan 'Julid' dapat Pasien KB Belum Bersuami

Ayunda Septiani - detikHealth
dr Tirta Mandira Hudhi dr Tirta ikut sentil bidan yang judgemental pasiennya. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Belum lama ini viral sebuah video di media sosial Tiktok seorang bidan diduga melakukan judgemental ke pasien yang hendak melakukan suntik Keluarga Berencana (KB). Hal tersebut pun menjadi perbincangan hangat warganet.

Dokter sekaligus influencer, Tirta Mandira Hudhi alias dr Tirta, turut berkomentar terkait oknum bidan yang melakukan judgemental kepada pasiennya.

Ia beranggapan bahwa seorang nakes tidak boleh sedikitpun menyebarkan rahasia dari pasien meskipun ia tidak menyebutkan nama.

"Menjadi nakes tidak boleh judgemental ke pasien. Urusan nakes menolong dan merawat," tulis dr Tirta di Twitter, setelah dikonfirmasi detikcom, Jumat (12/11/2021).

"Urusan pribadinya tidak boleh disebarkan dan bukan menjadi urusan kita. Semoga dipahami agar tidak membuat konten begini," tambahnya.

Menganai suntik KB, apakah hanya boleh digunakan oleh wanita yang sudah menikah dan punya suami?

"Kita melihatnya perempuan sudah atau belum menikah, kontrasepsi itu kan melindungi semua perempuan yang mau merencanakan kehamilan atau tidak ingin hamil," terang Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Emi Nurjasmi, pada detikcom, Rabu (10/11/2021).

"Jadi sebetulnya di dalam konsepnya kita berorientasinya kepada perempuannya. Jadi mestinya tidak dilihat apakah dia punya suami atau tidak punya suami karena orientasi kita adalah untuk melindungi dan menyelamatkan perempuan," pungkasnya.



Simak Video "Viral Bidan 'Julid' Pasien Tak Bersuami Minta Pil KB, Ini Kata IBI"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)