Kamis, 11 Nov 2021 17:03 WIB

Belum Menikah, Bolehkah Pakai KB Hormon? Ini Aturannya Menurut Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
Viral video seorang bidan menunjukkan ekspresi ketika bertemu pasien KB yang belum menikah. Foto: Tangkapan layar konten viral
Jakarta -

Viral video seorang bidan berekspresi 'julid' kepada pasien Keluarga Berencana (KB) yang belum punya suami. Warganet menilai, tenaga kesehatan (nakes) tak seharusnya memberikan penilaian terhadap pasien yang membutuhkan penanganan. Terlebih, KB hormon ternyata tak hanya digunakan untuk mencegah kehamilan, tapi bisa juga untuk indikasi lain.

"Ekspresi aku ketika ketemu pasien KB yang belum punya suami," tertulis dalam video Tiktok bidan tersebut, sembari ia tersenyum tipis dan memegang spuit atau alat suntik.

Dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG menjelaskan, kontrasepsi seperti KB memang bisa digunakan untuk tujuan selain mencegah kehamilan.

Misalnya, pil KB bisa digunakan untuk meregulasi menstruasi. Sementara KB suntik pada zaman dulu, sebelum ada metode lebih canggih, biasa digunakan untuk mengecilkan kista.

"Kalau suntik itu memang tujuannya lebih ke efek kontrasepsi mencegah kehamilan. Tapi kalau pil itu sering digunakan untuk regulasi menstruasi kalau haidnya tidak teratur. Itu bisa diberikan pada semua perempuan yang memiliki siklus haid tidak teratur," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (11/11/2021).

"Suntik juga bisa diberikan. Zaman dulu ya, karena sekarang sudah ada metode yang lebih canggih. Zaman dulu sering digunakan untuk mengecilkan kista atau mengecilkan miom. Sekarang sudah ada generasi suntikan lain yang tidak menggunakan suntikan KB atau kontrasepsi," lanjutnya.

Tak bisa sembarang pakai

dr Dinda menegaskan, penggunaan pil kontrasepsi untuk fungsi regulasi menstruasi tak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan, diperlukan diagnosis dan rekomendasi lebih dulu dari dokter atau bidan.

Seperti apa aturan minum pil kontrasepsi untuk regulasi menstruasi? Simak penjelasan dr Dinda di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Bidan 'Julid' Pasien Tak Bersuami Minta Pil KB, Ini Kata IBI"
[Gambas:Video 20detik]