Jumat, 12 Nov 2021 08:08 WIB

Aktor Rony Dozer Meninggal Dunia, Sempat Keluhkan Penyakit Ini

Ayunda Septiani - detikHealth
Rony Dozer saat ditemui di studio Trans TV. Rony Dozer sebelum meninggal sempat keluhkan sesak napas. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Aktor dan presenter Rony Dozer meninggal dunia di usia 46 tahun. Kabar ini dibenarkan oleh salah satu sahabatnya, Rency Milano.

Sebelum Rony meninggal, ia sempat mengeluhkan sesak napas ketika sedang berkomunikasi memalui telepon dengan Rency.

"'Iya gue lagi nggak enak badan, semalem tuh gara-gara makan (masakan) Padang gitu, kolesterol gue naik,' katanya gitu," ungkap Rency Milano menirukan pernyataan Rony Dozer.

Sebelum meninggal, Rony disebut pernah mengidap penyakit selulitis. Penyakit selulitis yang diidap Rony Dozer disampaikan pada 2014 silam. Karenanya, ia tak bisa beraktivitas terlalu banyak. Gejala yang dirasakan Rony kala itu muncul bengkak tiba-tiba, memerah, hingga kerap meriang.

"Terjadinya itu 2014 yang tadinya kaki kanan nggak bengkak tiba-tiba bengkak terus memerah, terus meriang, bedrest opname masuk RS menurut dokter ini peradangan," kata Rony Dozer dalam wawancara tahun 2020 lalu.

Apa itu penyakit selulitis?

Dikutip dari laman Mayo Clinic, selulitis adalah infeksi bakteri pada kulit dan lapisan yang ada di bawahnya. Kondisi ini pun bisa menyebabkan kulit terlihat kemerahan, bengkak, terasa lembek atau lembut, dan sakit jika ditekan.

Selulitis lebih sering terjadi di kulit tungkai bawah, tetapi juga bisa muncul di wajah, lengan, perut, dan mata.

Jika tidak segera diobati, infeksi ini dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan aliran darah dan dengan cepat menjadi mengancam jiwa. Penyakit ini umumnya tidak bisa menular dari orang ke orang.

Bagaimana gejalanya?

  • Kulit berwarna kemerahan
  • Bengkak
  • Terasa lembut dan hangat jika disentuh
  • Kulit melepuh
  • Kulit bernanah atau berair
  • Demam
  • Terjadi pembengkakan
  • Nyeri


Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)