Jumat, 12 Nov 2021 07:04 WIB

Masih Parno, China Tuding Frozen Food Penyebab Kenaikan Kasus COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
refrigerator full of frozen food purchased during the covid 19 restriction movement order Foto: Getty Images/iStockphoto/Edwin Tan
Jakarta -

China masih dilanda kepanikan dengan munculnya penularan COVID-19 secara lokal di beberapa wilayah. Mereka juga menangguhkan aktivitas yang dianggap bisa menyebarkan virus.

Pemerintah China telah memerintahkan Dalian, kota pelabuhan, untuk menangguhkan semua bisnis yang menangani makanan dingin dan beku impor setelah kemunculan wabah COVID-19 pekan lalu.

Kota di pantai timur laut China ini telah melaporkan lebih dari 80 kasus dalam sepekan terakhir, dengan pekerja di gudang menjadi salah satu orang yang tertular.

Dikutip dari Reuters, pemerintah telah mengeluarkan perintah untuk menghentikan sementara bisnis makanan beku impor setelah kasus tersebut.

Tidak seperti negara lain, China mengatakan makanan beku menimbulkan risiko penyebaran COVID-19 dan pihak berwenang menolak barang dari luar negeri jika virus terdeteksi pada kemasan, meskipun Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan baik makanan maupun kemasan bukanlah rute penularan COVID-19.

Dalian adalah pelabuhan terbesar di China untuk pengiriman makanan laut serta buah dan beberapa daging.

Penangguhan tersebut mencakup fasilitas penyimpanan dingin pihak ketiga, gudang berikat, perusahaan produksi makanan dan penyimpanan dingin yang digunakan oleh sektor katering, menurut pemberitahuan yang diposting di situs web industri lokal.

Sektor makanan Dalian juga menghadapi gangguan besar tahun lalu setelah pihak berwenang mengeluarkan persyaratan baru untuk gudang penyimpanan dingin karena risiko virus corona memasuki negara itu pada makanan impor.



Simak Video "WHO Bicara soal Strategi 'Zero-Covid' China yang Tak Efektif"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)