Senin, 06 Sep 2021 10:47 WIB

5 Cara Mudah Mengobati Mual akibat Asam Lambung, Dijamin Ampuh!

Vidya Pinandhita - detikHealth
5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock
Jakarta -

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) jelas tak bisa disepelekan. Selain berisiko menyebabkan penyakit berkepanjangan jika didiamkan, mual asam lambung ini bisa menghambat produktivitas dan kenyamanan beraktivitas sehari-hari.

"Penyakit refluks gastroesofagus disebabkan oleh kombinasi kelainan fisiologis pada pasien. Gejalanya termasuk rasa terbakar di dada, episode refluks dan beberapa kali masalah pernapasan," ujar konsultan ahli gastroenterologi bedah dari RS Medicover, dr Aslam Baba, dikutip dari Times of India, Senin (6/9/2021).

"Gangguan ini meningkat karena peningkatan faktor pencetus seperti obesitas, gaya hidup menetap, stres, kebiasaan makan yang tidak tepat waktu, perubahan pola tidur, konsumsi makanan pedas, merokok dan asupan alkohol, " lanjutnya.

Refluks asam terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah (LES), cincin otot yang memisahkan kerongkongan dan perut tidak dapat menutup rapat setelah menelan makanan atau cairan. Walhasil, asam lambung dan partikel makanan mengalir kembali ke kerongkongan ke tenggorokan.

Seringkali, refluks asam dapat menyebabkan rasa asam di mulut diiringi dengan batuk atau sendawa. Hal ini dapat menyebabkan perasaan mual.

Umumnya, dokter meresepkan antasida untuk mengurangi produksi asam lambung. Namun sebagai langkah pertolongan pertama untuk meminimalkan mual asam lambung, berikut hal-hal yang bisa dicoba:

1. Kunyah permen karet

Dikutip dari Healthline, mengunyah permen karet dapat mengurangi mual akibat naiknya asam lambung. Berdasarkan penelitian oleh Journal of Dental Research, permen karet efektif menghilangkan sensasi asam di mulut yang kerap kali menjadi pemicu mual.

2. Konsumsi jahe

Jahe sudah turun-temurun digunakan untuk mengatasi rasa mual, termasuk pada ibu hamil hingga pengidap asam lambung. Namun jika tidak kuat memakan jahe mentah karena rasa dan aromanya yang amat mencolok, jahe bisa diparut, kemudian dicampurkan ke dalam smoothie atau teh hangat.

"Jahe adalah anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi peradangan kerongkongan yang berhubungan dengan GERD," kata ahli diet Kelly Kennedy dikutip dari Insider, Senin (6/9/2021).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]