Senin, 06 Sep 2021 22:30 WIB

Ciri-ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru, Lho Memangnya Bisa?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru (Foto: iStock)
Jakarta -

Asam lambung naik ke paru-paru, memangnya bisa? Pada Gastro Eesophageal Rreflux Disease (GERD), ternyata hal itu bisa-bisa saja terjadi. Berikut ini ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru.

Dikutip dari Healthline, asam lambung yang naik ke paru-paru bisa terjadi pada seseorang yang mengalami GERD dan dapat menyebabkan seseorang menjadi sesak napas. Pasalnya, kondisi tersebut membuat saluran pernapasan menjadi terhimpit dan sesak.

Sebenarnya bukan naik ke paru-paru sih. Pada GERD, asam lambung naik dulu ke kerongkongan, lalu dalam beberapa kasus masuk saluran napas dan turun lagi ke paru-paru.

Umumnya sesak napas akibat asam lambung terjadi pada saat tidur, karena faktor gravitasi yang membuat isi perut lebih mudah naik kembali ke kerongkongan.

GERD sendiri dapat terjadi karena adanya kelemahan katup antara kerongkongan dan lambung, sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan gejala, seperti rasa panas di dada.

"Penyakit refluks gastroesofagus disebabkan oleh kombinasi kelainan fisiologis pada pasien. Gejalanya termasuk rasa terbakar di dada, episode refluks dan beberapa kali masalah pernapasan," kata konsultan ahli gastroenterologi bedah dari RS Medicover, dr Aslam Baba, dikutip dari Times of India, Senin (6/9/2021).

Berikut ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang disebabkan oleh GERD, seperti dikutip dari Mayo Clinic.

  • Sensasi terbakar di dada, umumnya setelah makan dan pada malam hari
  • Sakit dada
  • Sulit menelan
  • Memuntahkan makanan atau cairan asam
  • Seperti ada benjolan di tenggorokan.

Apabila asam lambung naik pada malam hari, mungkin kamu juga akan mengalami beberapa gejala berikut ini.

  • Batuk kronis
  • Radang tenggorokan
  • Asma
  • Gangguan tidur.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui faktor risiko GERD. Seseorang dapat lebih mudah mengalami GERD apabila memiliki berat badan berlebih.

Kemudian, kebiasaan merokok, makan dalam porsi besar, dan langsung tidur setelah makan juga bisa menjadi pemicu penyakit ini. Selain itu, kamu perlu menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak atau gorengan dan minum alkohol.

Jadi, di atas adalah ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas. Apabila kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)