Selasa, 07 Sep 2021 06:53 WIB

Legenda Sepakbola Pele Jalani Operasi Pengangkatan Tumor

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
LONDON, ENGLAND - JUNE 01:  Pele attends a photocall for Pele: The Collection presented by Juliens Auctions on June 1, 2016 at the Mall Galleries  (Photo by Jeff Spicer/Getty Images) Legenda sepakbola Pele. Foto: (Getty Images/Jeff Spicer)
Jakarta -

Legenda sepakbola asal Brasil, Pele, sedang menjalani pemulihan di rumah sakit setelah operasi pengangkatan tumor usus besar. Ia dirawat di salah satu rumah sakit di San Paulo, Brasil sejak 31 Agustus.

"Tumor diidentifikasi selama pemeriksaan kardiovaskular dan laboratorium rutin dan bahan dikirim untuk analisis patologis," kata Rumah Sakit Albert Einstein pada Senin (6/9/2021), tempat Pele dirawat dikutip dari AlJazeera.

Berita tentang operasi tersebut menyusul bantahan Pele atas laporan bahwa dia pingsan minggu lalu, ketika dia mengatakan bahwa dalam keadaan sehat dan menerima pemeriksaan rutin.

Mantan pemain Piala Dunia 1958 itu mengungkapkan bahwa operasinya berjalan lancar melalui sebuah unggahan di media sosial pribadinya.

"Teman-teman saya, terima kasih banyak atas pesan baiknya. Saya berterima kasih kepada Tuhan karena merasa sangat baik dan mengizinkan Dr. Fábio dan Dr. Miguel untuk menjaga kesehatan saya," tulis Pele dalam sebuah postingan di media sosial.

[Gambas:Instagram]




Pele, yang memiliki nama asli Edson Arantes do Nascimento, dalam kondisi kesehatan yang buruk dalam beberapa tahun terakhir dan telah menjalani berbagai perawatan di rumah sakit, terakhir pada April 2019 di Paris karena infeksi saluran kemih yang parah.

Tahun lalu ada kekhawatiran atas kesehatan Pele, tetapi dia menepis laporan bahwa dia menderita depresi selama pemulihan dari operasi pinggul yang sempat ia jalani.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)