Selasa, 07 Sep 2021 11:54 WIB

Boleh Nggak Sih Vaksin COVID-19 saat Flu? Ini Kata Ahli

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi Sakit Flu Apakah boleh vaksin saat flu? (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Apakah boleh vaksin saat flu? Mungkin pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh sebagian orang yang hendak menerima vaksin COVID-19.

Dikutip dari Prevention, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tidak menyarankan seseorang yang sedang terkena flu atau penyakit seperti pilek untuk divaksinasi COVID-19.

Artinya, jika ditanya apakah boleh vaksin saat flu? Jawabannya adalah tidak disarankan atau sebaiknya ditunda. Penundaan ini bukan berarti ketika kita sedang flu kemudian menerima vaksin, maka risiko efek samping yang akan dirasakan semakin besar.

Namun, menurut pakar penyakit menular, Amesh A Adalja, MD, apabila kamu sedang mengalami gejala penyakit pernapasan bagian atas, seperti flu atau pilek, dikhawatirkan sedang terkena COVID-19. Maka dari itu, sebaiknya pasien menunda untuk divaksinasi.

"Tidak ada bukti bahwa penyakit akut dapat mengurangi kemanjuran vaksin, atau meningkatkan efek samping vaksin," ucap CDC.

Sementara itu, ahli penyakit menular di University at Buffalo, John Sellick, lebih menyarankan untuk melakukan tes COVID-19 terlebih dahulu sebelum divaksinasi, apabila kamu sedang mengalami gejala flu.

"Kami tidak ingin kamu masuk dan menularkan (COVID-19) ke orang lain," ucap Sellick.

Sependapat dengan Sellick, seorang spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine, William Schaffner, MD, mengatakan ada baiknya kamu menunggu sampai kondisi tubuh sudah pulih, sehingga vaksinasi COVID-19 menjadi lebih aman dari risiko penularan.

"Di lingkungan saat ini di mana masih banyak penyebaran COVID, tunggu sampai penyakitmu sembuh, agar lebih aman," ujar Schaffner.

Tak hanya itu, dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), diberitahukan seseorang yang sedang mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, atau sesak napas dalam 7 hari terakhir, maka vaksinasinya akan ditunda.

Namun, apabila kamu masih merasa ragu apakah boleh vaksin saat flu, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Nanti dokter akan mempertimbangkan, apakah sebaiknya kamu bisa segera mendapat vaksin COVID-19 atau harus ditunda terlebih dahulu sampai kondisi kesehatanmu membaik.

Belum kebagian vaksin COVID-19? Vaksin CT Corp menyediakan vaksin Pfizer di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, untuk jadwal penyuntikan 11 September hingga 1 Desember 2021. Info pendaftaran bisa disimak DI SINI.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)