Rabu, 31 Mar 2021 09:00 WIB

Catat! Berbagai Persiapan Sebelum Vaksin COVID-19 agar Tak Batal Disuntik

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 kepada sejumlah pegawai pusat perbelanjaan di Depok Town Square, Depok, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). Dinas Kesehatan Kota Depok mulai melakukan vaksinasi COVID-19 dosis pertama kepada 1.500 orang pegawai pusat perbelanjaan. Berbagai persiapan yang harus dilakukan sebelum divaksinasi COVID-19. (Foto: Dedy Istanto)
Jakarta -

Program vaksinasi COVID-19 yang saat ini masih diprioritaskan untuk lansia dan petugas pelayan publik terus berlanjut. Namun, ada beberapa persiapan sebelum vaksin COVID-19 yang harus dilakukan yang berkaitan dengan kondisi tubuh.

Saat akan divaksinasi, tubuh harus dipastikan dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Untuk itu, ahli jantung dr Vito A Damay memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum divaksinasi. Apa saja ya?

1. Jangan begadang

Persiapan sebelum vaksin COVID-19 yang pertama adalah jangan begadang. Sebab, jika terlalu lelah dan kurang istirahat bisa membuat kondisi tubuh menurun.

"Anda jangan begadang, tenangkan pikiran malamnya, dan Anda kalau misalkan begadang terlalu capek besoknya tiba-tiba demam iya nggak bisa vaksin juga kan sayang," bebernya dalam keterangan video yang diterima detikcom.

2. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Selain waktu istirahat, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus diperhatikan sebelum divaksinasi COVID-19. dr Vito menyarankan untuk menghindari makanan yang bisa membuat kondisi tubuh tidak fit, misalnya seperti kopi.

"Juga jangan makan atau minum makanan yang bisa membuat Anda jadi tidak fit atau unwell, iya saya nggak spesifik menyebutkan oh yang pedas-pedas atau yang kecut-kecut makan rujak, iya tapi misalnya nih Anda misalnya saja makan rujak tiba-tiba besoknya Anda diare kan jadi nggak bisa vaksin," lanjut dr Vito.

3. Minuman suplemen dan obat-obatan

Persiapan sebelum vaksin COVID-19 selanjutnya adalah tidak mengkonsumsi minuman yang menstimulasi tertentu. Begitu juga dengan obat-obatan, seperti misalnya obat pilek atau batuk, sebaiknya dicek dulu kandungan yang ada di dalam obat tersebut.

"Jangan juga Anda minum minuman yang menstimulasi tertentu ya misalkan ada minuman-minuman yang Anda pikir suplemen, coba Anda pikir dulu deh lihat dahulu apakah ini ada stimulan nggak," katanya.

"Atau Anda mungkin minum obat pilek obat batuk yang nggak tahu isinya apa, apakah ada pseudoephedrine-nya, nah itu sebaiknya jangan dikonsumsi," ungkap dr Vito.

4. Pastikan kondisi tubuh stabil 30 menit sebelum divaksinasi

dr Vito berpesan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin 30 menit sebelum divaksinasi. Pastikan diri dan pikiran dalam keadaan setenang mungkin dan disarankan tidak perlu terburu-buru saat menuju pos vaksinasi.

"Seenggaknya dalam kondisi 30 menit sebelumnya Anda di dalam kondisi keadaan tenang, tidak habis melakukan olahraga yang berat kenapa karena Anda akan ditensi salah satunya," ungkapnya.

5. Tips saat ditensi

Persiapan sebelum vaksin COVID-19 yang sepele tapi penting adalah posisi duduk saat ditensi. Pastikan posisi siku berada setinggi posisi jantung.

"Lalu ketika Anda duduk pun siku Anda setinggi jantung Anda, Anda dalam keadaan tenang tidak perlu nyari-nyari tensi berapa biarkan petugas yang melakukannya dengan baik," pungkasnya.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)