Rabu, 08 Sep 2021 21:59 WIB

10 Obat Asam Lambung Alami Penangkal Perut Melilit Tak Karuan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
7 Tips Makan Penderita Asam Lambung Agar Tak Sering Kambuh Obat asam lambung (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat asam lambung naik, pastinya membuat seseorang merasa tidak nyaman karena rasa nyeri dan perih yang muncul di perut. Jika ini terjadi, harus segera mengkonsumsi obat asam lambung untuk mengatasinya.

Dikutip dari Healthline, asam lambung atau Gastroesophageal reflux (GERD) adalah pergerakan asam lambung ke atas hingga kerongkongan. Penderita GERD akan mengalami sensasi terbakar di area dada bagian tengah, bawah, atau belakang.

Menurut ahli gizi dari New Delhi Anshul Jaibharat, asam lambung ini bisa disebabkan beberapa faktor. Misalnya seperti:

  • Jarak waktu makan yang lama
  • Perut yang kosong
  • Konsumsi teh, kopi, alkohol yang berlebihan
  • Merokok yang berlebihan
  • Mengkonsumsi makanan yang pedas

Untuk mengatasinya, berikut beberapa obat asam lambung tradisional yang bisa menjadi pilihan, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Daun kemangi

Dikutip dari Food NDTV, ternyata daun kemangi bisa menjadi salah satu pilihan obat asam lambung alami. Saat asam lambung terjadi, segera makan beberapa daun kemangi untuk mengatasinya.

Selain itu, bisa juga merebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Sering-sering juga menghirup daun kemangi karena bisa menjadi salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk keasaman.

2. Kayu manis

Bahan sederhana selanjutnya yang bisa menjadi pilihan obat asam lambung adalah kayu manis. Ini berfungsi sebagai antasid alami untuk asam lambung dan bisa menenangkan perut dengan meningkatkan pencernaan serta penyerapan.

Cobalah dengan mengkonsumsi teh kayu manis. Cara ini bisa untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna.

3. Gula Merah

Ternyata gula merah yang rasanya sangat manis itu juga bisa menjadi obat asam lambung alami lho. Menurut Dr Manoj K Ahuja dari Rumah Sakit Fortis, New Delhi, kandungan magnesium dalam gula merah bisa membantu kekuatan sistem pencernaan.

"Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, gula merah membantu meningkatkan kekuatan usus," katanya.

Gula merah bisa membuat sistem pencernaan yang lebih bersifat basa untuk mengatasi keasaman pada lambung. Caranya, coba isaplah sepotong gula merah setelah makan. Selain itu, gula merah juga bisa membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perut selama musim panas atau kemarau.

Bahan alami apa lagi yang bisa dijadikan obat asam lambung? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]