Jumat, 10 Sep 2021 18:05 WIB

Waduh! Ada Situs Palsu PeduliLindungi, Ini Wanti-wanti Satgas COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Apakah Sertifikat Vaksin Harus Dicetak? Ini Aturan untuk Mall-Transportasi Umum Satgas COVID-19 mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak dalam situs palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi. (Foto: Dok ITDC)
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak dalam mengakses situs pedulilindungia.com. Pasalnya, situs tersebut merupakan situs palsu dan tidak ada hubungannya dengan PeduliLindungi yang digunakan pemerintah untuk penanganan COVID-19.

"Seluruh isi dan informasi dalam pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun," kata Wiku dalam konferensi pers BNPB, Jumat (10/9/2021).

Maka dari itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan blokir atau memutus akses terhadap situs pedulilingungia.com. Wiku pun mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati lagi terhadap informasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi.

"Pemerintah meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun," jelasnya.

"Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id, serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store," tuturnya.



Simak Video "Awas! Waspadai Aplikasi PeduliLindungi Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)