Minggu, 12 Sep 2021 18:00 WIB

Fenomena 'Mati Gancet' Tidak Mustahil, Dokter Jelaskan Faktanya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Beredar video yang diklaim menunjukkan pasangan gancet. Foto: tangkapan layar/TikTok
Jakarta -

Baru-baru ini, video viral pasangan gancet bikin ngeri warga Twitter. Dalam potongan video tersebut, seorang laki-laki dan perempuan heboh didatangi warga lantaran meminta tolong 'dilepaskan' saat gancet. Sering dikait-kaitkan dengan azab berzina, sebenarnya gancet betulan ada atau mistis? Benarkah ada mati gancet?

"Fenomena gancet sebetulnya kejadiannya sangat jarang. Sangat jarang, angka persisnya saya sendiri belum menemukan secara ilmiah," terang spesialis obstetri ginekologi dan praktisi medis vaginismus, dr Robbi Asri Wicaksono, SpOG pada detikcom dalam program e-Life, Jumat (10/9/2021).

Ia menjelaskan, kemungkinan penyebab gancet paling umum adalah vaginismus atau penyakit kekakuan otot dinding vagina yang tak bisa dikenali sehingga menyebabkan gagal penetrasi. Namun ditegaskan meski kasusnya benar-benar ada, gancet sebenarnya amat jarang terjadi. Bahkan pada kebanyakan kasus vaginismus, penetrasi sama sekali tak bisa dilakukan.

Bisakah gancet menyebabkan kematian?

dr Robbi menyayangkan, sebagian besar masyarakat cenderung mengejek pasangan gancet. Padahal, pasangan gancet memerlukan pertolongan cepat. Jika tidak, ada kemungkinan kematian akibat kehabisan nafas saat tubuh saling bertumpuk.

"Bila anda menemukan kasus seperti itu segera bawa mereka ke UGD rumah sakit dengan fasilitas kamar operasi. Kamar operasi ini bukan untuk pasien dilakukan operasi, sama sekali bukan. Tapi dua pasien itu harus dilakukan pembiusan total," bebernya.

"Bahkan di berita tahun 70-an, dua orang (gancet) ini sampai meninggal dunia. Karena apa? Secara medis dua orang bertumpuk seperti itu akan terjadi gangguan pada rongga dada, pada pernapasan. Pada akhirnya orang-orang ini meninggal karena tidak bisa bernapas satu sama lain," pungkas dr Robbi.

Terakhir ia menegaskan, masyarakat perlu paham bahwa fenomena gancet sama sekali tak ada hubungan dengan azab perzinaan. Ia berharap dengan begitu, masyarakat semakin paham tindakan mana yang perlu dilakukan untuk menyelamatkan pasangan gancet.

Tonton juga video e-Life yang mengupas tuntas tentang gancet dan vaginismus berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/fds)