Senin, 13 Sep 2021 13:01 WIB

Organ Vital Istri Siri Ayah Taqy Malik Disebut Rusak Stadium 4, Apa Artinya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Self defense, studio portrait of scared woman raising hands up in defense Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean)
Jakarta -

Istri siri ayah Taqy Malik, Marlina Octoria, diduga mengalami kekerasan seksual. Ia mengaku dipaksa melakukan seks anal hingga enam kali.

Akibatnya, organ vital sang istri disebut mengalami kerusakan parah hingga stadium empat. Pakar kesehatan saluran cerna Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menyebut sebenarnya kerusakan pada bagian anus tidak lazim dinyatakan dengan istilah stadium.

Stadium 4, menurutnya lebih lazim digunakan untuk menggambarkan tingkat keparahan penyakit seperti kanker.

Namun, ia tidak menampik adanya sejumlah risiko serius akibat aktivitas seks anal. Salah satunya, anus bisa mengalami pelonggaran yang menyebabkan feses keluar dengan sendirinya.

"Anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk menerima masuknya benda asing dari luar. Anus berperan sebagai tempat lewatnya feses atau kotoran, sehingga jelas bahwa anus bisa menjadi sumber infeksi," jelas Prof Ari kepada detikcom, Senin (13/9/2021).

Sejumlah infeksi seperti human immunodeficiency virus (HIV), herpes, hingga hepatitis B, C dan human papiloma virus (HPV) juga mengintai perilaku seks berisiko. Belum lagi, bahaya dari infeksi bakteri termasuk gonore hingga syphilis bisa terjadi, yang menyebabkan diare berdarah dan berlendir.

"Akibat yang paling berbahaya dari anal sex ini adalah terjadi kanker anus," sambung Prof Ari.

Kanker anus bisa menyerang siapa saja yang terbiasa melakukan aktivitas seks berisiko seperti seks anal ini. Namun, Prof Ari menyebut kasus kanker anus banyak terjadi pada usia di bawah 30 tahun.

"Resiko terjadi kanker sama pada semua jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan. Risiko terjadinya kanker anus lebih tinggi pada orang di bawah umur 30 tahun," jelasnya.

"Sejauh ini saya beberapa kali mendapat kasus kanker anus berumur di bawah 30 tahun dan berhubungan dengan riwayat seks anal. Umumnya mereka melakukan seks anal dari partnernya. Dari beberapa literatur yang saya baca kebiasaan seks anal dilakukan biasanya terinspirasi setelah menonton film porno," pungkas dia.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)