Selasa, 14 Sep 2021 17:55 WIB

8 Obat Pereda Sakit Tenggorokan Alami Paling Ampuh, Wajib Dicoba!

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Redakan sakit tenggorokan dengan bahan alami ini. (Foto: Getty Images/Eva-Katalin)
Jakarta -

Sakit tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman terutama saat menelan. Karenanya, banyak orang mencari obat sakit tenggorokan mulai dari yang dijual di apotek hingga bahan alami.

Dikutip dari Medical News Today, sakit tenggorokan umumnya terjadi akibat respons imun tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri. Respons imun alami ini bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Sebagian besar kasus sakit tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya. Obat sakit tenggorokan, seperti antibiotik atau terapi khusus hanya diberikan ketika sakit tenggorokan dinilai berisiko menimbulkan komplikasi.

Nah sebelum mencoba pengobatan medis soal keluhan sakit tenggorokan, tidak ada salahnya mencoba 8 obat sakit tenggorokan alami berikut ini.

1. Bawang putih mentah

Bumbu dapur yang satu ini dikenal punya beragam khasiat, salah satunya sebagai obat sakit tenggorokan. Bawang putih memiliki sifat antiseptik yang bisa membantu mengatasi infeksi bakteri dan meredakan sakit tenggorokan.

Saat bawang putih dihancurkan, ia akan melepaskan senyawa yang disebut dengan allicin. Senyawa ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit tenggorokan bisa langsung dikunyah atau dicincang dan dicampur dengan madu atau minyak zaitun. Opsi lainnya, bisa juga mencampurnya ke dalam jus sayuran atau buah-buahan.

2. Madu

Dikutip dari Medicinenet, obat sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah madu. Madu dikenal memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan akibat infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu juga bisa membantu meredakan batuk yang berujung menyebabkan sakit tenggorokan. Untuk mengkonsumsinya, bisa ditambahkan ke dalam air hangat, teh hangat, atau jus lemon.

3. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi pada tahun 2005 yang dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine mengungkapkan dengan berkumur air garam bisa membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam larutan air hangat. Kumurlah beberapa kali dan lakukan secara rutin.

4. Minum air hangat

Cara mudah lainnya yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan adalah dengan minum air hangat. Menurut American Osteopathic Association, air hangat bisa membantu mengencerkan lendir sinus dan bisa mengurangi penyumbatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Anak 12 Tahun Boleh Ngemal Hanya di DKI Jakarta-Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]