Rabu, 15 Sep 2021 10:11 WIB

Labil! Kemarin Rokok di Minimarket DKI Ditutupi, Hari Ini Sudah Dibuka Lagi

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Estalase rokok di sejumah minimarket di Jakarta ditutup kain hingga kertas Ilustrasi display rokok yang ditutup di minimarket (Foto: Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Kabar ditutupnya display rokok di sejumlah minimarket di DKI Jakarta sempat diapresiasi banyak kalangan. Tapi tak sedikit pula yang pesimistis, yakin bakalan konsisten?

Benar saja, pantauan detikcom menunjukkan beberapa minimarket di Jakarta Barat yang sebelumnya menutupi display rokok, hari ini sudah melepaskan penutupnya. Tetap tidak memasang banner atau iklan rokok di atasnya, tetapi tirai kertas penutupnya tampak sudah ditanggalkan.

"Ini tadi pagi banget masih ditutup, terus dapat arahan dari atasan suruh turunin aja, ya kita nurutin aja dari atasan," kata seorang kasir yang enggan disebut namanya, Rabu (15/9/2021).

Menurut petugas tersebut, sebelumnya sudah 3 hari display rokok di tempatnya bekerja ditutup karena ada arahan dari 'dinas'. Sementara di beberapa minimarket di sekitarnya, petugas mengaku malah tidak tahu menahu soal kebijakan menutup display rokok.

Perihal konsisitensi dalam menutup display rokok sempat disinggung Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi. Menurutnya, penjualan rokok di Indonesia dan DKI khususnya, sudah terlalu masif dan perlu dikendalikan.

"Hal ini harus dilakukan secara intensif, jangan cuma sekali kali doang," pesannya.

Menurut Tulus, menutup display rokok di minimarket memang tidak serta merta mengurangi jumlah perokok. Namun sekurangnya, bisa mengurangi paparan promosi rokok pada anak-anak.



Simak Video "Sejumlah Penyakit Berbahaya yang Mengintai Para Perokok"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)