Jumat, 17 Sep 2021 16:04 WIB

Ada Banyak Variasi, Bentuk Miss V yang 'Normal' Seperti Apa Sih?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Ilustrasi bentuk vagina. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pada dasarnya tidak ada bentuk Miss V atau bentuk vagina yang sama persis, sehingga sulit mendefinisikan bentuk 'normal'. Namun ada kondisi tertentu yang wajib diwaspadai sebagai indikasi kelainan atau penyakit genital.

Hal ini disampaikan dokter spesialis bedah plastik, dokter Indri Aulia, SpBP-RE (K), MPdKed, Jumat (17/09/2021).

"Banyak pasien-pasien yang datang itu dia nggak tahu struktur yang dia miliki di daerah organ genitalianya," ujar dr Indri.

"Walaupun banyak daerah genitalia tidak pernah diekspos, tetapi ketika sesuatu yang disimpan atau tertutup ada masalah, maka dia akan menjadi suatu problem," tambahnya.

Lebih lanjut, dr Indri menjelaskan bentuk vagina yang harus dikenali secara umum untuk mengetahui apakah bentuk vagina seseorang normal atau tidak.

"Jadi ini yang harus kita kenali secara umum gitu bahwa ada klitoris, ada penutup atau clitoral hood namanya, kemudian ada lubang untuk buang air kecil, kemudian ada vagina dan paling bawah adalah anus," papar dr Indri.

Selain itu, dr Indri menambahkan bagian lain pada vagina, yakni labia minora dan labia mayora. Labia minora merupakan bagian tipis pada vagina. Pada bentuk vagian yang normal letak labia minora harus berada di dalam labia mayora. Labia mayora merupakan bagian luar vagina berbentuk lipatan besar berisi lemak.

Menurut dr Indri, dengan mengenali anatomi ini, seseorang dapat mengetahui apakah bentuk vagina normal atau tidak.

"Jadi sebenarnya ketika kita sudah memahami area-area ini, maka pasti bisa mengetahui kalau ada kelainan di daerah mana, entah di dalam lubang vagina atau labia minora, labia mayora," kata dr Indri.

Di samping itu, dr Indri juga membagikan tips lain bagaimana mengetahui normal atau tidaknya bentuk vagina.

"Paling sederhana adalah kenali diri sendiri. Jangan malu melihat genitalia nya sendiri di cermin untuk mengetahui sebenarnya kita punya organ genitalia yang seperti apa sih," pungkas dr Indri.

Selanjutnya
Halaman
1 2