Rabu, 08 Sep 2021 18:49 WIB

Macam-macam Bentuk Vagina, Warna, dan Bau Miss V

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Bentuk vagina wanita pada umumnya memiliki perbedaan. Tidak hanya bentuk, warna dan ukuran vagina juga kerap berbeda. Sebagian besar wanita karenanya bertanya apakah bentuk vagina mereka termasuk normal atau tidak.

Faktanya, setiap wanita punya bentuk vagina dan struktur luar vulva yang secara alami memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang berbeda-beda. Ada berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna vagina yang sehat.

Dikutip dari Medical News Today, Rabu (08/09/2021), berikut rangkuman berbagai jenis bentuk vagina.


1. Bentuk vagina

Vagina mengacu pada organ organ bagian luar alat kelamin yang terlihat atau istilah yang tepat untuk daerah ini adalah vulva. Vulva mencakup banyak struktur, seperti labia mayora dan labia minora atau bibir dalam dan luar. Bentuknya berupa lipatan kulit yang mengelilingi lubang vagina dan lubang uretra.

Tergantung pada ukuran dan bentuk struktur vagina, bentuk vulva dapat sangat bervariasi. Tak menjadi masalah memiliki bentuk vulva yang berbeda karena memang ukuran vulva setiap wanita berbeda.

Berikut macam-macam bentuk vagina berdasarkan struktur vulva:

- Bibir luar

Ukuran bibir luar vulva atau labia mayora bisa lebih panjang pada beberapa orang. Bibir mungkin menggantung rendah dan kulitnya tampak tipis atau justru sebaliknya, ukuran bibir tebal dan bengkak. Bibir luar ini biasanya relatif halus dan tidak berlipat sebanyak bibir bagian dalam.

Ada pula wanita dengan bibir luar yang berbentuk mengatup atau menyelimuti hampir seluruh bibir bagian dalam dan klitoris. Bentuk lain, yaitu bibir luar yang berbentuk melengkung dan bertemu dengan ujungnya sehingga memperlihatkan sedikit bibir bagian dalam. Jika bibir luar berbentuk pendek, bibir bagian dalam akan terlihat sangat jelas dan lebih menonjol.

- Bibir bagian dalam

Bibir bagian dalam atau labia minora akan terlihat atau mungkin menjuntai di bawah bibir luar dan menonjol. Sejumlah orang mungkin memiliki bibir bagian dalam yang pendek dan diselimuti oleh bibir bagian luar.

Sementara yang lain, bentuk bibir luar dan dalam memiliki panjang yang sama. Jika bibir luar dan dalam kecil serta dekat dengan paha bagian dalam, tudung klitoris yang menyelimuti bagian klitoris mungkin terlihat.

- Bagian dalam vagina

Bagian dalam vagina berbentuk seperti tabung panjang dengan area terlipat yang dapat mengembang dan berkontraksi. Vagina seseorang bisa tampak lebih lebar atau lebih longgar setelah melahirkan.

Ini karena jaringan vagina mengembang untuk memberi ruang bagi bayi agar bisa keluar. Vagina dapat kembali ke ukuran sebelum hamil atau mungkin tetap sedikit melebar.

2. Ukuran vagina

Seiring waktu, ukuran vagina dapat berubah bentuk meregang atau memanjang sehingga ukuran vagina pun bisa sangat bervariasi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan International Urogynecology Journal, peneliti menemukan beberapa kasus ukuran vagina dapat diprediksi berdasarkan tinggi dan usia seseorang. Misalnya, orang yang lebih tinggi mungkin memiliki vagina yang lebih panjang.

Selain bentuk vagina, setiap wanita juga memiliki warna dan kondisi vagina yang berbeda. Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Anak 12 Tahun Boleh Ngemal Hanya di DKI Jakarta-Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]