Sabtu, 03 Jul 2021 21:00 WIB

7 Tipe Miss V Paling Umum pada Wanita, Variasi Bentuk hingga Warna

Ardela Nabila - detikHealth
Young woman in yellow short dress standing with her hands between legs, needs a restroom, isolated for white background. Womens health, gynecology. Ilustrasi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pernahkah kamu memerhatikan area vulva dan bertanya-tanya apakah bentuk vaginamu normal? Ternyata, sama seperti penis, vagina juga terdiri dari berbagai variasi dengan ciri khasnya masing-masing.

Setiap wanita memiliki vagina yang unik dan berbeda dengan wanita lainnya. Jadi, sebenarnya tidak ada patokan khusus yang menentukan seperti apa bentuk vagina normal.

"Labia atau bibir vagina, yaitu bagian yang sering dipermasalahkan oleh kebanyakan pasien wanita, berbeda dari satu orang ke orang lain. Faktanya, bahkan bagian terpisah pada vagina yang sama memiliki bentuk yang berbeda. Ini sangat normal," ujar Sherry Ross, MD, seorang obgyn dan ahli kesehatan wanita, dikutip dari Insider.

Bahkan, perbedaan rambut kemaluan juga merupakan hal normal yang ada di vagina. Di sisi lain, vulva atau bagian luar vagina memiliki variasi bentuk, warna, dan tekstur yang berbeda pula.

Walaupun setiap wanita memiliki ciri khas bentuk dan ukuran vagina yang berbeda, terdapat bentuk, ukuran, dan warna vagina yang paling umum ditemukan pada wanita. Dikutip dari Insider, berikut 7 tipe vagina berdasarkan variasi bentuk, ukuran, dan warnanya.

1. Labia asimetris

Bentuk vagina yang satu ini dapat dilihat dari bentuk labia yang tidak simetris. Artinya, satu sisi labia lebih besar atau kecil dari sisi lainnya. Tak perlu khawatir apabila menemukan perbedaan pada bibir vagina, sebab ini merupakan hal yang normal.

2. Labia kecil

Pernah merasa labia terselip di antara vulva? Artinya, kamu memiliki labia kecil dan bagian luar bibir vagina yang lebih besar. Sehingga, bagian luar tersebut menutupi bagian labia minora.

3. Labia bagian luar dan dalam yang besar

Salin kecil, labia juga bisa saja memiliki bentuk yang lebih besar dan tebal. Jika kamu merasa labia pada Miss V terlihat menonjol dan melewati vulva, maka tidak perlu merasa cemas. Pasalnya, ini juga merupakan bentuk atau ciri khas vagina yang normal.

4. Labia luar lebih besar

Bibir labia yang lebih besar dapat terlihat sangat jelas. Ciri khas ini ditandai dengan bentuk vagina yang menunjukkan bagian labia minora dan mayora lebih menonjol dari bagian lainnya.

5. Labia dalam lebih besar

Berbeda dengan poin sebelumnya, bentuk vagina yang satu ini ditandai dengan bagian dalam labia yang tampak lebih besar dan panjang dari bagian luarnya.

6. Klitoris besar atau kecil

Tak hanya labia, setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran klitoris yang bervariasi. Sebagian wanita mungkin memiliki klitoris berukuran lebih besar dan lebih sensitif, sedangkan yang lainnya lebih kecil.

Menurut Planned Parenthood, klitoris bisa memiliki ukuran beragam mulai dari sekecil kacang hingga sebesar ibu jari.

7. Vagina yang tidak berwarna merah muda

Ditentukan oleh berbagai faktor, vagina juga memiliki warna yang bervariasi. Perlu diingat bahwa tidak semua wanita memiliki vagina berwarna merah muda. Vagina bisa saja berwarna coklat atau kemerahan. Bukan hal yang tidak normal juga apabila kamu menemukan perbedaan warna pada area vagina.

Namun, jika kamu menemukan warna merah muda pada kulit di sekitar vagina atau ruam, maka hal tersebut bisa menandakan suatu masalah kesehatan, seperti infeksi jamur.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(Ardela Nabila/fds)