Jumat, 02 Jul 2021 19:00 WIB

5 Ritual Wajib Usai Bercinta Agar Miss V Selalu Happy

Ardela Nabila - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Bagi wanita yang sudah aktif secara seksual, menjaga kebersihan dan kesehatan vagina merupakan hal utama yang tidak boleh diabaikan, terutama setelah bercinta. Agar vagina bebas infeksi, terdapat sejumlah hal yang harus dilakukan usai berhubungan intim.

Menjaga kebersihan vagina tak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan area vagina, tetapi juga kesehatan reproduktif secara keseluruhan. Meski sangat penting, rupanya masih banyak yang mengabaikannya.

Padahal, menjaga kebersihan area vagina dapat mencegah munculnya infeksi yang bisa mengganggu aktivitas seksual ke depannya. Dikutip dari laman Insider, berikut 5 hal yang harus dilakukan oleh wanita usai bercinta agar vagina tetap terjaga kesehatannya.

1. Buang air kecil

Buang air kecil sebelum dan sesudah bercinta merupakan hal paling mudah untuk menjaga keseimbangan pH vagina dan meminimalisir risiko infeksi saluran kemih. Sebab, mengosongkan kandung kemih, terutama usai seks, bisa membuang bakteri yang mungkin masuk ke dalam tubuh saat bercinta.

2. Basuh vagina dari depan ke belakang

Membasuh vagina dari arah yang salah, yakni belakang ke depan, bisa menyebabkan penumpukan bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, saat membersihkan vagina, sebaiknya basuhlah dari arah depan ke belakang agar area vagina tidak terkontaminasi oleh bakteri dari anus.

3. Bersihkan area vulva dengan perlahan

Walaupun buang air kecil setelah bercinta merupakan cara paling ampuh untuk mengurangi risiko infeksi, tak ada salahnya membersihkan area luar vagina untuk memastikan semua bakteri telah terangkat dan tingkat keasaman tetap terjaga.

Untuk membersihkan area vulva, kamu bisa membasuhnya dengan air dan dengan teknik yang sama seperti di atas. Agar lebih bersih, gunakan sabun tanpa pewangi untuk menghilangkan sisa air mani, keringat, dan bakteri yang menempel.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]