Senin, 20 Sep 2021 17:01 WIB

dr Reisa Bicara Soal Efek Samping Vaksin Moderna yang Disebut Lebih 'Nendang'

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi vaksin Moderna Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Saat ini vaksin Moderna tidak hanya diberikan pada tenaga kesehatan (nakes) sebagai vaksin booster. Di sampingi itu, vaksin Moderna juga diberikan kepada masyarakat untuk dosis pertama dan kedua. Benarkah efek samping vaksin Moderna lebih nendang?

Sebagian orang mengeluhkan efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) usai menerima vaksin Moderna. Mereka mengeluhkan bahwa efek samping yang muncul pasca divaksinasi dengan vaksin Moderna terasa lebih 'nendang' atau lebih kuat.

Apa saja sih KIPI yang muncul usai mendapat vaksin Moderna?

Juru bicara pemerintah untuk COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengatakan memang efek samping vaksin Moderna lumayan terasa. Ada beberapa keluhan yang dilaporkan, seperti demam, bengkak dan kemerahan di tempat suntikan, hingga rasa ngilu di tangan.

"Nah, biasanya KIPI ini berlangsung dalam waktu yang bervariasi. Kalau Moderna bisa berlangsung 7 hari bahkan 10 hari pasca vaksinasi," kata dr Reisa dalam siaran Radio Kesehatan, Senin (20/9/2021).

"Ada juga yang hanya berlangsung 20 jam pasca vaksinasi. Jadi, rentang waktunya juga bervariasi pada setiap orang," lanjutnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika muncul KIPI usai vaksinasi?

Menanggapi ini, dr Reisa menyarankan untuk segera menghubungi dokter penanggung jawab yang biasanya tertera di kartu vaksinasi. Kemudian, peserta vaksin bisa mengkonsultasikan KIPI yang dirasakan dan akan diberikan cara untuk menanganinya.

"Misal terjadi demam akan disarankan mengkonsumsi obat penurun demam atau obat nyeri. Jika ada bengkak dan harus dikompres, nanti akan diberitahu cara mengkompresnya seperti apa. Kalau ada keluhan-keluhan lain bisa juga dilaporkan," jelas dr Reisa.

"Tapi, kalo dirasa ada keluhan yang berat segera datang ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat untuk mendapatkan terapi tambahan. Jadi tidak perlu khawatir, KIPI yang sekarang sebenarnya masih bisa diantisipasi," pungkasnya.

Efek samping vaksin Moderna meski lebih terasa namun tetap bisa diantisipasi dan ditangani. Efeknya bisa mereda dalam beberapa hari.



Simak Video "Respons Moderna Usai Swedia Cs Setop Sementara Penggunaan Vaksinnya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)