Selasa, 21 Sep 2021 18:09 WIB

Satgas Tegaskan Anak Boleh Ngemal Jika Ada Keperluan Mendesak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Anak-anak sudah boleh masuk mal di DKI Anak usia di bawah 12 tahun sudah boleh masuk mal. (Foto: Salwa Aisyah Sheilanabilla/detikHealth)
Jakarta -

Usai PPKM resmi diperpanjang, pemerintah akhirnya mulai melakukan berbagai pelonggaran kegiatan di tempat-tempat publik. Salah satunya, anak di bawah usia 12 tahun sudah diperbolehkan masuk mal dan tetap didampingi orang tua.

Menanggapi ini, juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito tetap menyarankan anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun untuk tetap di rumah.

"Meskipun anak-anak usia di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan masuk, saya imbau jika tidak terlalu mendesak, maka anak-anak lebih baik tinggal di rumah saja," ujar Wiku dalam konferensi pers Selasa (21/9/2021).

Meski begitu, jika memang ada keperluan mendesak dan mengharuskan si anak masuk ke pusat perbelanjaan, orang tua harus menjamin keamanan anak dan memastikan bahwa protokol kesehatan telah diterapkan dengan baik. Sebab, anak-anak masih berisiko tertular maupun menularkan virus Corona.

"Mohon kepada orang tua sebagai pendamping untuk tetap berhati-hati untuk menjamin protokol kesehatan diterapkan dengan baik selama beraktivitas di dalam pusat perbelanjaan," katanya.

"Selain itu, dimohon para satgas di fasilitas publik untuk melakukan upaya penegakkan (protokol kesehatan) dengan baik," lanjutnya.



Simak Video "Anak di Bawah 12 Tahun Boleh ke Mal, Prof Wiku: Orang Tua Mohon Hati-hati"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)