Selasa, 21 Sep 2021 18:32 WIB

Inikah Alasan Corona di RI Turun Drastis dengan Cepat?

Ayunda Septiani - detikHealth
Penumpang KRL dites antigen secara acak sebagai respons dari PT KCI terkait lonjakan Corona. Salah satu stasiun yang melakukan tes antigen adalah Stasiun Bekasi. Corona di Indonesia. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Juru bicara Satuan Tugas Pengamanan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito membeberkan penyebab virus Corona COVID-19 turun secara drastis di Indonesia.

"Pandemi COVID-19 adalah hal yang kompleks, sehingga intervensi pengendalian tidak bisa tunggal bahkan berbagai intervensi tersebut harus dilakukan bersamaan," tutur Wiku dalam konferensi pers Selasa (21/9/2021).

Selain itu, penurunan kasus yang konsisten sejak puncak kasus COVID-19 di 15 Juli 2021 lalu merupakan hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat dalam pengendalian kasus COVID-19.

"Sebagaimana yang telah disampaikan presiden, bahwa ke depannya kita harus memprioritaskan upaya 3 M, 3 T, dan vaksinasi di hulu penularan, sedangkan memfokuskan upaya perawatan pasien positif di hilir. Agar dapat menekan angka kematian dan kesembuhan sebesar-besarnya," pungkas Wiku.

Sebagai tambahan informasi, per hari ini Selasa (21/9/2021), Indonesia melaporkan penambahan 3.263 kasus baru positif COVID-19. Sehingga, total kasus aktif saat ini adalah 52.447 pasien.

Selain itu, angka positivity rate di Indonesia sepekan terakhir mencetak rekor terendah selama pandemi. Hal ini dilaporkan di tengah jumlah tes COVID-19 yang mencapai lebih dari 1 juta, untuk pertama kalinya.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)