Kamis, 23 Sep 2021 22:26 WIB

Tanda-tanda Kista Ovarium, Perut Membesar Hingga Sering Buang Air Kecil

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Makanan untuk Cegah Kista Ovarium Kista ovarium (Foto: Getty Images/fotostorm)
Jakarta -

Kista ovarium merupakan kista yang tumbuh di area ovarium atau indung telur wanita. Kista ini berbentuk seperti kantung yang berisi cairan yang bisa membesar.

Terkadang, kista ovarium ini bisa muncul tanpa gejala apapun. Tetapi, jika dibiarkan terlalu lama kista akan semakin membesar dan menjadi hal yang serius.

"Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang bisa muncul dan hilang dengan siklus Anda dan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut," kata ginekolog di NYU Langone Health, Taraneh Shirazian, MD, dikutip dari Women's Health, Kamis (23/9/2021).

Tetapi, tidak semua wanita yang mengalami kista ovarium ini bisa sembuh dengan sendirinya. Shirazian mengatakan pada sebagian kasus memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya. Hal itu dilakukan agar kista tidak berubah menjadi kanker atau memicu munculnya gejala lainnya.

Meski kista ovarium ini jarang menunjukkan gejala, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai. Berikut tanda-tandanya.

1. Sering mengalami nyeri panggul

Tanda atau gejala dari kista ovarium adalah sering mengalami nyeri panggul. Biasanya ini terjadi di bagian bawah kanan atau kiri, tepat di area ovarium. Jika rasa sakit semakin berlanjut, segera konsultasikan ke dokter.

"Anda mungkin merasakannya saat berolahraga, atau saat Anda aktif secara seksual. Tetapi, rasa sakit itu akan terasa di tempat yang sama dan tetap ada meski siklus haid Anda sudah lewat," jelas Shirazian.

2. Sering merasa kenyang

Kista ovarium bisa menyebabkan munculnya rasa berat di daerah abdomen, yang terkadang mirip seperti sedang mengalami sembelit. Tapi, jika kista tumbuh di kedua ovarium seseorang, sensasinya hanya akan terasa di salah satu bagian panggul.

Jika kamu sudah rutin ke kamar mandi, tetapi rasa sembelit ini masih terjadi dalam 2-3 minggu segera konsultasi ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah ada kista ovarium atau tidak.

3. Perut membesar

"Kebanyakan perempuan mengalami kista ovarium kurang dari 10 cm. Tetapi, di beberapa kasus kista ini bisa tumbuh menjadi lebih besar, hingga seukuran semangka," kata Eloise Chapman-Davis, MD, ahli onkologi ginekologi di Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian.

Perut yang membesar bisa menjadi gejala yang samar dari kista ovarium. Namun, hal ini perlu diwaspadai.

"Banyak wanita yang mengira hal itu disebabkan karena berat badannya naik. Tapi, sakit perut dan kembung itu bisa menjadi akibat dari massa yang tumbuh di perut," imbuhnya.

Jika perut membesar tetapi berat tubuh tidak naik, perlu diwaspadai dan segera konsultasikan.

Selain perut yang membesar, terlalu sering buang air kecil juga bisa jadi tanda dari kista ovarium. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]