Jumat, 24 Sep 2021 05:20 WIB

4 Alasan Harus Vaksin COVID-19

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Pentingnya vaksin di masa pandemi (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu upaya paling efektif untuk mengendalikan virus Corona. Kasus COVID-19 di berbagai negara dilaporkan semakin terkendali berkat vaksinasi. Hal ini menjadi bukti pentingnya vaksin di masa pandemi.

Saking pentingnya vaksinasi di masa pandemi, sejumlah riset pengembangan vaksin COVID-19 juga tengah dilakukan di Indonesia. Hal ini tentu sebagai upaya mendukung dan mendorong percepatan vaksinasi untuk kemandirian Indonesia.

Hingga saat ini, program vaksinasi di Indonesia secara umum dilakukan dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer.

Meski jenis vaksin sudah beragam dan lokasi vaksinasi sudah tersebar di banyak tempat, beberapa orang mungkin masih merasa ragu untuk mendapatkan vaksinasi.

Agar tak ada lagi keraguan untuk mendapatkan vaksin COVID-19, kenali 4 aspek pentingnya vaksin COVID-19 di masa pandemi, dikutip dari situs resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC).

1. Efektif meminimalisir penyebaran virus

Vaksin COVID-19 sudah terbukti efektif untuk mencegah seseorang terinfeksi virus Corona. Apabila terinfeksi, maka vaksin bisa membantu meminimalisir penyebaran virusnya.

Ketika orang yang telah divaksin masih terpapar COVID-19, maka vaksin yang telah disuntikkan ke dalam tubuh akan mencegah tubuh mengalami gejala parah akibat virus Corona.

2. Membentuk antibodi

Vaksin COVID-19 terbukti bisa membantu membentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, pada orang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 sekalipun, penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi terbukti menyediakan perlindungan bagi orang-orang yang sebelumnya pernah terpapar virus ini.

3. Melindungi orang-orang di sekitar

Pentingnya vaksin COVID-19 di masa pandemi bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga orang lain. Saat seseorang terinfeksi virus Corona, maka ia berisiko menularkannya ke orang-orang di sekitar kita. Dengan vaksinasi, penularan bisa diminimalisir.

4. Menciptakan kekebalan kelompok

Vaksinasi COVID-19 juga dapat menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Para ahli percaya, untuk mendapatkan herd immunity setidaknya dibutuhkan 70 persen dari populasi untuk divaksinasi.

Pentingnya vaksin di masa pandemi harus dipahami oleh masyarakat. Sebab dengan vaksinasi, aktivitas normal seperti sebelum pandemi diharapkan dapat kembali dilakukan.

Belum mendapat giliran vaksin COVID-19? Dapatkan vaksin Pfizer di Menara Bank Mega Jakarta dan Transmart Lebakbulus. Cek pendaftaran di detik.com/vaksinctcorp.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)