Jumat, 24 Sep 2021 17:16 WIB

Wow, Negara Ini Beberapa Pekan Lagi Disebut Capai Herd Immunity

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Ilustrasi vaksin. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Tak sedikit yang meragukan herd immunity bisa terjadi di tengah munculnya varian baru Corona yang mempengaruhi efikasi vaksin. Namun, Panama beberapa pekan lagi disebut akan mencapai herd immunity.

Dikutip dari Reuters, negara ini sudah memvaksinasi lebih dari setengah populasinya yaitu 4,2 juta orang. Mereka juga sudah mengamankan stok vaksin meskipun memiliki banyak tantangan pasokan vaksin karena kebutuhan global.

"Panama beberapa minggu lagi mencapai herd immunity terhadap COVID-19 setelah memvaksinasi lebih dari setengah populasinya yang berjumlah 4,2 juta orang," jelas Presiden Panama, Laurentino Cortizo mengatakan pada hari Kamis di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Seperti diketahui, herd immunity secara teori terjadi saat sebagian besar populasi kebal pada patogen, dalam hal ini kebal pada infeksi COVID-19. Para ahli kesehatan sebelumnya menilai dibutuhkan 70 hingga 80 persen populasi yang divaksinasi untuk mencapai beberapa tingkat herd immunity, tetapi belakangan angka yang dibutuhkan untuk mencapai herd immunity diyakini bervariasi tergantung jenis vaksin.

Sementara Panama sejauh ini sudah menerima 7,2 juta dosis vaksin Corona dari Pfizer dan AstraZeneca. 5,3 juta dosis di antaranya sudah diberikan.

Kasus COVID-19 di Panama tercatat sebanyak 465.147 kasus, total kematian berjumlah 7.183 orang. Menteri Kesehatan Luis Sucre menyebut kasus infeksi harian Corona yang menurun memungkinkan sektor ekonomi kembali dibuka secara bertahap.



Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)