Jumat, 24 Sep 2021 20:47 WIB

Pro-Kontra

Perdarahan Otak Vs Pendarahan Otak, Perbedaannya Apa?

Tim detikHealth - detikHealth
Tulisan dan definisi stroke di kamus. Pendarahan atau perdarahan, perbedaannya apa sih? (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Istilah pendarahan otak tengah banyak diperbincangkan setelah komedian Tukul Arwana mengalaminya, hingga harus dioperasi. Ngomong-ngomong, yang benar pendarahan otak atau perdarahan otak?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi V, 'perdarahan' dan 'pendarahan' sama-sama merujuk kondisi keluarnya darah sebagai akibat pecahnya pembuluh darah.

Berikut perbedaan pendarahan dengan perdarahan menurut KBBI V:

per.da.rah.an
n hal mengeluarkan darah banyak-banyak (dari vagina dan sebagainya); peristiwa keluarnya darah sebagai akibat pecahnya pembuluh darah

pen.da.rah.an
n pengaliran darah di dalam (luar) tubuh
n peristiwa keluarnya darah sebagai akibat pecahnya pembuluh darah dan sebagainya

Dengan kata lain, baik perdarahan maupun pendarahan sama-sama benar dan bisa digunakan untuk merujuk kondisi yang sama menurutKBBI edisi V.

Kalau kita sering menyebut stroke perdarahan. Kalau bahasa latinnya hemorhagic atau hemorrhage bahasa inggrisdr Mursyid Bustami, SpS (K), KIC, MARS - Dirut RS PON

Meski demikian, istilah 'perdarahan' rupanya lebih lazim dipakai di kalangan dokter. Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (RSPON) Direktur Utama dari RS PON, dr Mursyid Bustami, SpS (K), KIC, MARS.

"Ini bahasa indonesia yang baku barangkali bisa dilihat di kamus, kalau kita sering menyebut stroke perdarahan. Kalau bahasa latinnya hemorhagic atau hemorrhage bahasa inggris," jelasnya dalam konferensi pers daring, Jumat (24/9/2021).

"Kalau stroke penyumbatan dan stroke perdarahan, dua itulah jenisnya secara umum bisa kita sampaikan dalam bahasa indonesianya demikian," lanjutnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, ada dua jenis stroke berdasarkan penyebabnya. Ischemic stroke atau stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat, sedangkan hemorrhagic stroke atau stroke hemoragik terjadi ketika ada pembuluh darah yang pecah di otak.

Jenis stroke yang kedua ini yang disebut sebagai 'stroke perdarahan' oleh dokter saraf dan 'stroke pendarahan' oleh KBBI V.

Nah, mau ikut KBBI atau ikut dokter? Tuliskan pendapat di komentar!



Simak Video "Masih Muda Kena Stroke, Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)