Jumat, 24 Sep 2021 20:55 WIB

Ladies, Simak Tips Jaga Kesehatan Jantung dari 4 Perempuan Inspiratif

Erika Dyah - detikHealth
World Heart Day Foto: detikcom
Jakarta -

Risiko penyakit jantung tidak hanya menghantui gender tertentu saja. Baik perempuan maupun laki-laki memiliki risiko terkena penyakit mematikan ini.

Melansir heartfoundation Australia, 90% perempuan di Australia memiliki 1 faktor risiko terkena penyakit jantung. Sementara 50% di antaranya memiliki 2 atau lebih faktor risiko dari penyakit ini. Adapun faktor risiko yang paling umum ditemui pada perempuan, antara lain tingkat kolesterol yang tinggi, kelebihan berat badan, dan juga pengaruh aktivitas fisik.

Selain itu, dikutip dari MayoClinic, kurangnya aktivitas fisik pada perempuan juga bisa menjadi faktor risiko utama penyakit jantung. Terlebih, beberapa penelitian menemukan bahwa perempuan tidak lebih aktif dibanding laki-laki. Lalu, apakah para perempuan yang aktif menggeluti berbagai bidang lantas bebas dari risiko ini?

Untuk mengetahui kisah menarik para perempuan aktif di Indonesia, Anda bisa mengikuti Webinar Use Heart to Connect yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Jantung Sedunia 2021 atau World Heart Day 2021. Dalam webinar ini, akan ada sharing sessions dari 4 perempuan yang mewakili masing-masing industrinya.

Keempatnya akan hadir dan berbagi kisah mengenai aktivitas keseharian mereka di industri masing-masing. Serta berbagi tips sehat yang mereka jalani agar terhindar dari risiko terkena penyakit jantung. Adapun keempat bintang tamu yang akan hadir dalam webinar ini antara lain, Atlet Para-Bulu Tangkis, Leani Ratri Oktila yang baru saja meraih 2 medali emas dan 1 medali perak di Tokyo 2020 Paralympics. Leani akan berbagi kisah di webinar ini mewakili Woman in Sport.

Selain itu, ada juga penyanyi Indonesia yang kiprahnya sudah dikenal sejak usia muda, yakni Angel Pieters yang mewakili Woman in Music. Ada juga CEO dari BUBU.com, Shinta Dhanuwardoyo mewakili Woman in Tech, serta Kurator Seni, Farah Wardani yang mewakili Woman in Art.

Tak hanya mendapat kisah dari keempat perempuan aktif ini, Anda juga bisa mendapat kiat-kiat mencegah risiko terkena penyakit jantung serta tips kesehatan lain yang bisa diaplikasikan dalam keseharian untuk menjaga kesehatan jantung. Tips ini akan disampaikan langsung oleh ahlinya, yaitu Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Ronally Rasmin, Sp.JP., FIHA.

Webinar ini juga akan dihadiri oleh Ketua Bidang Komunikasi dan Promotif Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Mela Sabina serta World Heart Federation Director of Communications, Borjana Pervan.

Webinar yang digelar pada Rabu, 29 September 2021 pukul 15.00 ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dari Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dalam menyambut Hari Jantung Sedunia 2021. Melalui kegiatan yang digelar oleh detikcom bekerja sama dengan H2 Health & Happiness.

Selain itu, kegiatan ini juga diselenggarakan berkat kerja sama dengan Ensure, brand nomor 1 di dunia yang mendukung nutrisi harian di usia dewasa dengan triple protein, omega 3 & 6, 14 vitamin & 9 mineral, rendah laktosa serta nutrisi penting lainnya. Minum Ensure 2x sehari bisa bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan Anda untuk aktif sepanjang hari.

Tunggu apa lagi? Segera catat tanggalnya dan jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai insight penting soal menjaga kesehatan jantung. Anda bisa akses webinar tersebut melalui detik.com/whd-d2.

(akn/ega)