Sabtu, 25 Sep 2021 15:44 WIB

Hari Jantung Sedunia, Ini Pentingnya Cek Jantung Sejak Dini

Nurcholis Maarif - detikHealth
Webinar Hari Jantung Sedunia Foto: detikcom
Jakarta -

Jika kamu berpikir penyakit jantung hanya menyerang orang yang sudah tua itu salah besar. Sebab penyakit jantung bisa menyerang siapa saja bahkan yang masih terbilang muda sekali pun. Oleh karena itu, mencegah penyakit jantung sangat penting dilakukan sedini mungkin.

Tak banyak yang menyadari bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini kerap diremehkan banyak orang meski dapat menyerang siapa saja dengan tiba-tiba, membuat penderitanya nyeri pada bagian dada, sesak nafas, mual, hingga berujung kematian.

Salah satu jenis penyakit jantung yang harus dicegah sejak dini ialah penyakit jantung rematik (PJR). Sebab penyakit ini paling sering terjadi pada usia 5 sampai 15 tahun dan jarang terjadi pada usia di atasnya, apalagi pada orang dewasa.

PJR atau dalam bahasa medisnya Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah suatu kondisi terjadi kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran, terutama katup mitral (stenosis katup mitral) sebagai akibat adanya gejala sisa dari Demam Rematik (DR).

Penyakit jantung rematik perlu mendapat penanganan segera dan penanganannya akan disesuaikan dengan kerusakan yang terjadi. Bila tidak segera ditangani, penyakit jantung rematik berpotensi menimbulkan gagal jantung hingga kematian.

Untuk mengajak masyarakat menjaga kesehatan jantung, dalam rangka Hari Jantung Sedunia yang diperingati setiap 29 September, detikcom bersama Yayasan Jantung Indonesia dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) menggelar webinar Rheumatic Heart Disease dengan tema 'Penyakit Jantung Rematik dan Mengenal Penyakit Jantung Sejak Dini'.

Webinar yang digelar pada 28 September 2021 ini akan diisi oleh pakar yang ahli di bidangnya. Antara lain Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Esti Nurjadin, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP(K) FIHA, FAsCC, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Herenda Medishita, Sp.JP, FIHA, dokter spesialis anak dr. Vinny Yoanna, Sp.A, dan seorang aktris Alya Rohali.

Dengan tema yang menarik dan pakar di bidangnya, Anda bisa menambah pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Anda juga bisa bertanya langsung kepada pakarnya mengenai keluhan yang sering dialami.

Selain itu, kegiatan ini didukung oleh Ensure, brand nomor 1 di dunia yang mendukung nutrisi harian di usia dewasa dengan triple protein, omega 3 & 6, 14 vitamin & 9 mineral, rendah laktosa serta nutrisi penting lainnya. Minum Ensure 2x sehari bisa bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan Anda untuk aktif sepanjang hari.

Acara ini bisa disaksikan lewat streaming di detik.com/whd-d1. Untuk itu, yuk catat tanggalnya dan jangan lupa ikutan!

(ncm/ega)