Selasa, 28 Sep 2021 05:00 WIB

Hari Jantung Sedunia

Awas! Penyakit Jantung Banyak Menyerang Usia Produktif

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Beautiful Woman Athlete Runs on a Treadmill with Electrodes Attached to Her Body, Female Physician Uses Tablet Computer and Controls EKG Data Showing on Laboratory Monitors. Tes kebugaran jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Tak sedikit orang yang mengira penyakit jantung hanya dialami orang lanjut usia atau lansia. Faktanya, penyakit jantung dan kardiovaskuler justru banyak menyerang kelompok usia produktif atau generasi milenial.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Esti Nurjadin, dalam konferensi pers Hari Jantung Sedunia 2021 oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Senin (27/9/2021). Kasus yang banyak ditemui, salah satunya meninggal mendadak di usia muda.

"Penyakit jantung dan kardiovaskuler sering menyerang kelompok usia produktif. Beberapa kasus yang banyak kita dengar terjadi meninggal mendadak di usia produktif/usia generasi milenial," tuturnya.

Dijelaskan oleh Esti, salah satu penyebab banyaknya kasus penyakit jantung menyerang usia muda adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kondisi ini diperparah dengan masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan semua aktivitas dilakukan di rumah, tanpa disadari seseorang jadi jarang bergerak.

"Tingginya prevalensi penyakit jantung di Indonesia disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini didorong oleh kemudahan-kemudahan yang ada seperti memesan makanan dan minuman dengan ojek online," kata jelasnya.

Tak hanya itu, risiko penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh stres yang meningkat, terutama di masa pandemi dan merokok serta polusi udara.

"Situasi pandemi juga menyebabkan kita harus PPKM di rumah sehingga stres meningkat dan akhirnya konsumsi rokok pun meningkat. Ketika polusi udara yang tinggi juga memberi kontribusi sebagai faktor risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler," kata Esti.

Bagaimana mencegah penyakit jantung? Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]