Kamis, 30 Sep 2021 11:05 WIB

Pelawak Qomar Idap Kanker Usus-Tak Bisa BAB Lewat Anus, Kenali Gejala Awalnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pelawak Nurul Qomar sempat ditahan karena kasus dugaan ijazah palsu. Tapi usai dipulangkan, kini ia malah eksis di acara persatuan pelawak. Pelawak Qomar idap kanker usus. (Foto: Ismail)
Jakarta -

Pelawak Qomar mengidap kanker usus stadium 4C. Ia baru saja menjalani operasi besar untuk mengobati kanker yang ia alami.

"Dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan sudah stadium 4C," kata Nurul Qomar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Akibat kanker usus stadium 4 yang diidapnya, ia tak bisa buang air besar dengan normal. Qomar akhirnya harus BAB dengan alat bantu stoma.

Stoma adalah lubang buatan yang biasanya dibuat permanen pada usus besar yang melalui dinding tubuh untuk mengeluarkan kotoran akibat gangguan yang dialami kolon atau dubur.

Gejala awal yang dirasakan Qomar

Komedian itu menceritakan awal mula dirinya merasakan ada yang aneh pada tubuhnya. Dia mengalami kesulitan saat buang buang angin dan buang air besar selama sebulan.

"Satu waktu selama satu bulan itu tidak bisa buang air besar dan tidak bisa buang gas (kentut). Keras, (seperti) mau pecah," ceritanya.

Kanker usus besar seringkali tidak menimbulkan gejala di awal. Biasanya pengidapnya akan mengalami BAB berdarah yang mungkin saja merupakan tanda awal kanker usus.

Dikutip dari WebMD, ada beberapa gejala kanker usus stadium 4, antara lain:

  • Buang air besar berdarah berwarna merah tua atau kehitaman
  • Sembelit dan diare
  • Badan rasanya lemas atau lemah
  • Perut terasa sakit dan kembung
  • Berat badan turun drastis
  • Mual dan muntah
  • Tidak nafsu makan

Pilihan pengobatan yang tersedia untuk orang dengan kanker usus besar stadium 4 lebih terbatas daripada yang cocok untuk stadium awal kanker ini. Namun, masih ada beberapa pilihan pengobatan yang perlu dipertimbangkan, serta faktor-faktor lain yang perlu dikonsultasikan dengan dokter.



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)