Kamis, 30 Sep 2021 11:30 WIB

Kanker Usus yang Diidap Pelawak Qomar Sudah Stadium 4C, Apa Artinya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pelawak, Nurul Qomar, Brebes, Jumat (17/11/2017). Pelawak Nurul Qomar. (Foto: Imam Suripto)
Jakarta -

Komedian senior, Nurul Qomar, didiagnosis mengidap kanker usus stadium 4C. Akibat kondisinya itu, ia harus menjalani operasi besar karena tak lagi bisa BAB dengan normal.

"Dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan sudah stadium 4C," kata Nurul Qomar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Kanker usus adalah kanker yang dimulai di usus besar atau saluran belakang (rektum). Ini juga dikenal sebagai kanker kolorektal.

Kanker adalah ketika sel-sel abnormal mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak terkendali. Ketika tidak diobati, sel-sel dapat tumbuh ke jaringan atau organ di sekitarnya, dan dapat menyebar ke area lain dari tubuh.

Kanker usus stadium 4 berarti sel kanker sudah menyebar ke organ lain selain usus. Kondisi ini juga disebut kanker usus lanjut.

Dikutip dari laman Cancer Research UK, tahap stadium 4 dibagi menjadi 4A, 4B dan 4C.

  • Kanker usus stadium 4A: kanker dari usus menyebar ke satu orang di luar usus, seperti hati. Tetapi belum menyebar ke jaringan perut atau peritoneum. Kanker menyebar melalui sistem limfatik atau aliran darah.
  • Kanker usus stadium 4B: kanker telah menyebar ke dua atau lebih organ yang jauh, tetapi belum menyebar ke jaringan peritoneum.
  • Kanker usus stadium 4C: kanker dari usus menyebar ke organ yang jauh dari usus, seperti paru-paru. Dalam kondisi ini, kanker sudah menyebar ke jaringan pelapis perut.


Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)