Jumat, 01 Okt 2021 14:22 WIB

10 Obat Kolesterol Tanpa Efek Samping

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi Kolesterol Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Obat kolesterol diperlukan untuk mengendalikan jumlah zat di dalam tubuh. Kadar kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi dapat berakibat buruk bagi yang mengalaminya.

Kolesterol yang tinggi menjadi salah satu pemicu komplikasi penyakit. Salah satunya memicu munculnya penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi dapat dicegah dengan pola hidup sehat.


10 obat kolesterol tanpa efek samping

Bagi yang mengalami gangguan kadar kolesterol, daftar obat berikut bisa membantu. Tentunya disertai kontrol rutin ke dokter dan menerapkan healthy lifestyle.

1. Kunyit

Obat kolesterol yang pertama adalah dengan kunyit. Warna kuning pada kunyit tersebut mengandung kurkumin, sehingga berkhasiat menguras asam empedu,

Masakan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat untuk pengidap kolesterol berlebihan. Sifat kunyit dapat berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh.

Jika ingin mengonsumsi santan, sebaiknya kamu campurkan bumbu kunyit ke dalamnya. Kunyit dalam hidangan bersantan mampu menetralkan pengaruh buruknya.

2. Biji ketumbar

Kandungan asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat, dan asam stearat yang terkandung dalam biji ketumbar dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Biji ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kolesterol baik.

Cara adalah, kamu bisa siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, kemudian campur dengan secangkir air dan direbus. Setelah biji ketumbar mendidih, kemudian disaring dan siap untuk diminum. Air ketumbar ini bisa diminum dua kali sehari lo sebagai obat kolesterol.

3. Bawang putih

Obat kolesterol yang ketiga adalah bawang putih. Bawang putih merupakan bahan yang populer yang bisa digunakan untuk obat-obatan herbal. Bawang putih ternyata juga bisa menurunkan kolesterol secara alami lho.

Caranya adalah, bisa konsumsi 3-4 siung setiap hari, jangan lupa juga untuk banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.

4. Seledri

Seledri mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif. Didalam seledri terdapat kandungan ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah.

Kandungan metanol dan etanol di dalam seledri membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Kamu bisa konsumsi jus seledri sebanyak satu gelas sehari dapat menurunkan tekanan darah.

5. Cuka sari apel

Obat kolesterol kelima adalah dengan cuka sari apel. Ini merupakan obat kolesterol alami yang dapat kita temukan di dapur. Dengan mengonsumsi cuka sari apel ini dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Kandungan serat larut yang terdapat di sari cuka apel ini dapat menyerap kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh. Serat larut ini juga menambahkan massa yang akan membuat rasa kenyang lebih lama dari biasanya, sehingga dapat membuat mengurangi porsi makan.

Sari cuka apel juga mengandung asam amino yang bisa menetralkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh dengan sendirinya. Cara adalah, mengonsumsi sari cuka apel ini dengan mencampurkan segelas air dan satu sendok teh sari cuka apel organik. Kamu bisa minum 2-3 kali sehari setidaknya selama satu bulan.

6. Daun salam

Obat kolesterol berikutnya adalah daun salam. Daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga dapat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Caranya adalah, dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang sudah bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Jika tinggal tersisa satu gelas, saring air rebusan daun salam. Lebih baik mengkonsumsi di saat malam hari.

7. Daun jambu biji

Bukan menjadi rahasia lagi bila jambu biji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Kamu bisa rebus 30 gram daun jambu biji dan 30 gram daun ceremai dengan 700 ml air. Setelah itu dinginkan dan saring air rebusan.

8. Jahe

Obat kolesterol yang ketujuh adalah dengan jahe. Jahe dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, cukup minum wedang jahe tanpa gula secara rutin.

9. Teh hijau

Teh hijau kaya akan senyawa penting yang mampu untuk mengatasi masalah kesehatan. Menurut studi, secangkir teh hijau ini dapat cukup efektif untuk menurunkan kolesterol.

10. Statin

Selain obat kolesterol herbal, kamu bisa juga konsumsi statin. Obat ini bekerja pada organ hati untuk mencegah terbentuknya kolesterol.

Statin tergolong obat yang paling efektif dalam mengatasi banyaknya jumlah kolesterol jahat dalam darah.

Perlu untuk dicatat, penggunaan obat ini harus dibicarakan terlebih dahulu dengan dokter.

Semoga 10 obat kolesterol tanpa efek samping ini bisa membantu kami tetap sehat dan produktif.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Acar Bawang yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)