Senin, 04 Okt 2021 17:15 WIB

Apakah Ibu Menyusui Boleh Vaksin? Catat Ketentuannya di Sini!

Ayunda Septiani - detikHealth
Ibu menyusui Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Program vaksinasi di Indonesia masih terus berjalan. Pelaksanaan vaksinasi pun harus mengikuti petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kemenkes. Tapi apakah ibu menyusui boleh vaksin COVID-19?

Dalam Surat Edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang "Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas COVID-19", terdapat poin bahwa ibu menyusui boleh vaksin Corona.

"Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi COVID-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun keatas, komorbid, penyintas COVID-19 dan Ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesis tambahan," kata Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS.

Selain itu, dikutip dari laman Satgas COVID-19, secara biologis dan klinis, menyusui tak menimbulkan risiko bagi bayi. Malah antibodi yang dimiliki oleh sang ibu setelah vaksinasi dapat memproteksi bayi melalui ASI.

Ahli dari The American College of Obstetrician and Gynecologist dan Academy of Breastfeeding Medicine (ABM) merekomendasikan ibu menyusui juga mendapatkan vaksin COVID-19. Para ahli juga mengatakan vaksin COVID-19 bisa sangat bermanfaat bagi ibu menyusui.

"Antibodi dan sel-T yang dirangsang oleh vaksin dapat berpindah secara pasif ke dalam ASI. Setelah melakukan vaksinasi untuk melawan virus, antibodi IgA terdeteksi dalam ASI 5-7 hari. Oleh karena itu, antibodi yang terkandung dalam ASI bisa melindungi bayi dari infeksi SARS-CoV-2," jelas ABM dalam laman resminya.

Ibu menyusui boleh vaksin Corona jika suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celcius, tidak mengalami demam atau batuk selama 7 hari terakhir, tidak kontak dengan pengidap COVID-19 dalam waktu 14 hari terakhir, dan tekanan darah harus di bawah 180/110 mmHg.

Nah, mengenai pertanyaan apakah ibu menyusui boleh vaksin COVID-19, jawabannya boleh ya detikers. Namun, ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi sama seperti pemberian vaksin pada kalangan umum, ibu menyusui yang akan divaksin harus dalam keadaan sehat.



Simak Video "Solusi untuk Ibu Positif Covid-19 Bila Tak Sanggup Menyusui Bayi"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)