Selasa, 05 Okt 2021 11:57 WIB

e-Life

Penanganan Stroke dengan Tusuk Jarum Itu Tahayul

dtv - detikHealth
Jakarta -

Sebagian orang mempercayai bahwa menusukkan jarum ke jari bisa membantu mengatasi stroke. Hal ini didasari kepercayaan bahwa dengan mengeluarkan darah sebanyak-banyaknya dari bagian tubuh yang ditusuk, akan membantu agar otak tak lagi tersumbat. Namun, ternyata itu adalah mitos.

"Itu kan tahayul, dari mana? Nggak bisa itu, tidak ada urusannya terus kelainan di otak itu ditusukin jarinya. Kalau perlu 20 jarinya ditusuk semua darahnya dikeluarkan itu kok nggak sekalian deketan berdarah. Nggak ada, nggak ada urusannya. Itu bukan pengobatan untuk stroke, tidak dianjurkan," jelas Dokter Spesialis Bedah Saraf, dr. Roslan Yusni Hasan, SpBS di acara e-Life detikcom.

Maka, dokter yang akrab disapa dr. Ryu itu menekankan untuk tidak mengambil tindakan sendiri untuk membantu penderita stroke. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke rumah sakit.

"Jadi, kalau kita menemukan penderita, entah orang sekeliling kita, saudara kita, tetangga kita mengalami gejala stroke, sampaikan. Gejala dan tanda stroke yang dilakukan hanya satu, telepon ambulans. Udah nggak usah yang lain-lain, telepon ambulans dibawa ke rumah sakit yang ada CT-scan nya, MMRI-nya, ada dokter saraf, ada dokter bedah saraf yang bisa diakses 24jam. Jangan ditusuki jarum," tutup dr. Ryu.

(gah/gah)