ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Okt 2021 19:28 WIB

Tidak Pakai Bra, Apa Sih Dampaknya bagi Payudara? Ini Faktanya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Woman in underwear store indoors horizontal shot. Pro-kontra pakai bra. (Foto: iStock)
Jakarta -

Tak sedikit wanita yang memilih tidak menggunakan bra saat di rumah, apalagi selama WFH. Tanpa disadari, mungkin sebagian wanita mengurangi kebiasaan menggunakan bra. Lantas, apakah hal ini bisa memengaruhi payudara?

Dengan alasan lebih nyaman dan bebas bergerak atau tidak berasa sesak, banyak wanita yang memilih tidak pakai bra saat di rumah. Dikutip dari Shape, Selasa (5/10/2021), adapun dampak tidak pakai bra bagi payudara sebagai berikut.

1. Tidak pakai bra bisa menyebabkan kendur?

Terkait dampak tak pakai bra terhadap ukuran atau bentuk payudara masih menjadi perdebatan para ahli. Namun, spesialis obgyn dan pakar kesehatan wanita, Sherry Ross, menjelaskan jika tidak memakai bra dalam jangka panjang, payudara tidak memiliki penopang sehingga jaringan payudara akan meregang dan menjadi kendur.

Sementara, Andrea Madrigrano, ahli bedah payudara dan profesor bedah dari Chicago menjelaskan payudara kendur lebih mungkin karena massa payudara. Dengan kata lain, jika payudara memiliki lebih banyak lemak daripada jaringan berserat, maka payudara cenderung mengendur.

Di samping itu, wanita dengan payudara kecil, cenderung tidak ada pengaruh terhadap bentuk mau menggunakan atau tidak menggunakan bra. Kendati demikian, terlepas dari bentuknya, tidak memakai bra berisiko menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar di daerah dada dan mengalami nyeri atau sesak payudara.

Masalah lainnya adalah risiko mengalami sakit punggung. Namun, kondisi ini lebih banyak ditemui pada wanita dengan ukuran payudara besar. Solusinya dengan mengenakan bra karena dapat membantu mengatasi sakit punggung, serta memperbaiki postur.

Pasalnya, payudara yang besar dan berat dapat memberikan tekanan berlebih pada otot-otot di bawah payudara yang menyebabkan nyeri dada, punggung, dan bahu.

2. Dampak terhadap kulit

Tidak memakai bra justru bermanfaat bagi kulit, terutama wanita yang mengalami iritasi dan berjerawat di area payudara.

Sebab, mengenakan bra dapat menyebabkan penumpukan keringat di bawah dan di payudara sehingga menyebabkan infeksi jamur, jelas Devika Icecreamwala, dokter kulit dari California. Infeksi jamur ini biasanya ditandai dengan kemerahan, gatal, atau bau di bawah payudara.

Faktor lain yang bisa menyebabkan infeksi jamur, di antaranya tidak mandi setiap hari, tidak menyeka keringat di dada setelah berolahraga, tidak mengganti bra yang basah karena keringat setelah berolahraga atau hari yang panas.

Sementara menutup infeksi jamur dan jerawat di area payudara dengan bra bisa memperparah kondisi.

"Anda mungkin memerlukan obat topikal untuk mengatasi ragi dan jerawat, tetapi ditambah dengan tidak memakai bra, masalah kulit ini akan teratasi dalam dua hingga empat minggu," kata Dr. Icecreamwala.

3. Pilihan masing-masing

Terlepas dari pro-kontra atau dampak baik-buruk, tidak menggunakan bra adalah pilihan setiap wanita.

"Beberapa wanita mengatakan kepada saya bahwa mereka memilih untuk tidak memakai bra karena mereka tidak dapat menemukan bra yang nyaman atau tidak memerlukan dukungan, dan beberapa wanita dengan payudara besar mengatakan kepada saya bahwa mereka lebih suka memakai bra bahkan saat mereka tidur," kata dr Madrigrano.



Simak Video "Mengenal Lebih Dekat Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT