Rabu, 06 Okt 2021 11:37 WIB

Cerita di Balik Viral Pengakuan Bumil Mau Lahiran Kena Pelecehan Verbal

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral di TikTok pengakuan bumil dilecehkan secara verbal oleh bidan. Foto: Tangkapan layar viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Heboh di media sosial pengakuan saudara seorang ibu hamil yang diduga dilecehkan secara verbal oleh bidan. Disebutkan, beberapa bidan di salah satu puskesmas Jakarta malah mengejek kondisi keputihan ibu yang tengah hamil 9 bulan, saat hendak memeriksakan kehamilan.

Pelecehan mental yang diakui dialami ibu hamil ini membuatnya mengalami baby blues. Kepada detikcom, pemilik akun @stevfanywijaya, menyebut saudaranya kini sampai mengalami trauma.

"Dia sedang pemulihan pasca caesar, dan di tahap trauma hingga baby blues. Belum ada kelanjutan dari dinas kesehatan, tapi kemarin sudah lapor, sempat direspons cepat, belum ada kabar lagi," jelasnya, saat dihubungi Rabu (6/10/2021).

@stevfanywijjaya

Balas @stevfanywijjaya #fyp #fypシ #GoodDayGoodJam #tolong #tolongbantu #bumil #mentalhealth

♬ suara asli - CEO OF BOOMERANG

Stevfany bercerita, kondisi saudara yang datang tidak didampingi suami untuk memeriksa kehamilan juga ikut dipermasalahkan. Disebut tidak bisa menggunakan fasilitas tertentu. `

"Karena saudara saya datang sendiri, lalu langsung seperti di-judge kalau dia bukan wanita baik-baik, bidan tersebut bisa-bisanya menyerang saudara saya yang sedang mual dan nangis-nangis merintis kesakitan," ungkapnya, menegaskan kejadian terjadi di 1 Oktober, sekitar pukul 6 sore.

Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Emi Nurjasmi mengaku masih belum menerima laporan kejadian tersebut. Dirinya belum bisa berbicara lebih lanjut mengenai kemungkinan sanksi yang diberikan jika ternyata benar terbukti.

"Belum terima laporan, ini saya baru tahu. Kami akan cek dulu ya untuk nanti klarifikasi atau kronologi seperti apa," jelas Emi saat dihubungi detikcom, Rabu (6/10/2021).



Simak Video "Viral Bidan 'Julid' Pasien Tak Bersuami Minta Pil KB, Ini Kata IBI"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)